Information: This board is currently read-only.

Roleplay System

Joined: August 14th, 2017, 4:07 am

August 19th, 2017, 11:46 am #1

Index wrote: I. Point (jenis, cara mendapatkan, dan pembagian)
II. Battle System (HP, ATK, Base Point, Auto Healing, Job Status, dan Leveling)
III. Reputation System (klasifikasi dan sistem penukaran)
IV. Mission (pembuatan, keikutsertaan, dan batas waktu)
I. Point
Poin adalah sistem forum yang diberikan kepada karakter (member) sebagai imbalan atas keikutsertaan dan keaktifannya mengikuti topik-topik tertentu yang diizinkan oleh admin untuk memberikan reward. Untuk selanjutnya poin dapat digunakan sebagai nilai serang pada sistem pertarungan forum.

Ada dua Macam poin yang diakui dalam Sistem Forum VK, yaitu:
  • Base Point: Poin yang didapat berdasarkan status darah dan jabatan kerja.
  • Experience Point (EXP): Poin yang didapat sebagai imbalan mengikuti topik tertentu. Poin yang dapat terus bertambah.
Cara mendapatkan EXP adalah dengan mengikuti topik-topik berikut:
  • Misi, peserta ataupun partisipan.
  • Kerja
  • Plot forum (dari staff)
  • Plot pribadi yang mempengaruhi keberlangsungan forum[note]hubungi admin terlebih dahulu dan ceritakan saja idemu agar admin bisa memahaminya[note].
  • Open.

Pembagian PointPembagian point bergantung pada jenis topik yang diikuti. Setiap pembagian point tidak dapat dikombinasikan.
EXP Misi
Misi SSS
Misi SS
Misi S
Misi S-
Pureblood, Ketua Hunter
300
250
200
150
Vampire B, Hunter Veteran
275
225
175
125
Vampire C, Hunter (>5 tahun)
250
200
150
100
Vampire D, Hunter (<5 tahun)
225
175
125
75
Trainee Hunter/Human
200
150
100
50
  • Point Misi: Point ini didapat dari membuat/mengikuti misi yang tersedia. Yang tertera pada tabel di atas merupakan EXP maksimum yang didapatkan dari suatu misi. Pemberian EXP minimum adalah setengah dari nilai yang tertera pada tabel. Berhasil atau tidaknya misi dinilai oleh pembuat misi. Apabila misi gagal, maka semua karakter yang terlibat dalam misi diberikan EXP minimum.
  • Point kerja: Point ini didapat dengan membuat/mengikuti topik kerja oleh TS yang melakukan kerja. Partisipan topik tidak ditentukan jumlah maupun peranannya (boleh bekerja atau tidak). Ketentuan pemberian point adalah sebagai berikut:
    • Minimal ada 10 post dalam topik tsb, dan topik harus selesai;
    • Poin untuk TS: 5+5/post;
    • Poin untuk partisipan (yang juga bekerja): 5/post.
  • Point Plot Forum: Point ini didapatkan dengan membuat/mengikuti topik plot yang dibuatkan oleh staff. Pembagian poin antara 10-30 yang ditentukan dari peranan karakter dalam topik tersebut dalam mengarahkan plot. Aturan point ini juga mencakup pemberian point pada partisipan misi.
  • Point Plot Pribadi: Point ini didapatkan dengan membuat/mengikuti topik plot di luar plot yang staff punya, tetapi mempengaruhi keberlangsungan forum (contoh: penemuan baru, debut artist, membuat ricuh, dll). Ketentuan pemberian point adalah sebagai berikut:
    • Topik harus selesai;
    • Minimal post partisipan sebanyak 5 post, untuk TS sebanyak 6 post;
    • Poin untuk TS: 10+10/post;
    • Poin untuk partisipan: 10/post.
  • Point Open: Cara untuk mendapatkannya adalah dengan membuat/mengikuti topik open. Ketentuan pemberian point adalah sebagai berikut:
    • Minimal ada 10 post dalam topik tsb;
    • Minimal ada 2 partisipan selain TS dalam topik tsb;
    • Poin untuk TS: 5+5/post;
    • Poin untuk partisipan: 5/post.
notes: jangan lupa untuk selalu melaporkan topik ke Topik Pendaftaran Poin untuk mengklaim poin.
Like
Share

Joined: August 14th, 2017, 4:07 am

August 22nd, 2017, 4:23 pm #2

II. Battle System


Health Point (HP)Nilainya sama dengan perolehan poin yang didapat. HP adalah nilai yang akan berkurang ketika seorang karakter menerima serangan. Rumus poinnya adalah sebagai berikut:

Base Point + EXP

Contoh:
karakter A memiliki poin sebesar 1000, karena dia seorang pureblood maka dia memiliki poin dasar 1800. Maka HP karakter A adalah 2800.

Base PointDalam forum dikenal tiga spesies dengan wujud serupa manusia, yaitu Vampire, Hunter, dan Manusia. Setiap Spesies memiliki poin dasar yang berbeda-beda, lebih jelasnya sebagai berikut.
Vampire
Hunter
Human
Pureblood: 1800
Vampire B: 1300
Vampire C: 1000
Vampire D: 700
Vampire E: 350
Ketua Hunter: 1500
Hunter Veteran: 1000 (>10 tahun aktif KoM)
Hunter: 700 (<5 tahun aktif KoM)
Trainee Hunter : 250 (keturunan Hunter, masih bersekolah)
150
Untuk murid cross academy: siswa dengan status vampire atau hunter yang menjalani pelatihan (alias calon anggota KoM) mengikuti aturan tabel di atas.


Attack (ATK)ATK merupakan nilai yang digunakan untuk menyerang (nilai yang akan mengurangi HP). Adapun nilai serang diwajibkan menggunakan fitur Diceroll dengan rumus dice berikut :

1d(EXP) + 10% HP (HP awal)


Serangan dikatakan berhasil apabila angka terakhir pada diceroll lebih dari sama dengan 5. Apabila angka terakhir pada dice roll 1-5, maka serangan yang masuk hanya setengahnya.

Contoh:
Karakter A hendak menyerang B. Karakter A memiliki poin sebesar 1000. Maka rumus diceroll serangannya adalah 1d1000+100. Hasil dice roll tersebut adalah 576. Karena angka terakhir pada dice roll tersebut adalah 6, maka serangan dinyatakan sukses dengan efek 100%.

Apabila hasil dice roll yang keluar adalah 573, maka serangan tidak berhasil sepenuhnya. Efeknya hanya 50%. Hanya setengah dari dice roll yang digunakan untuk mengurangi HP lawan (573:2=286.5=287). Pembulatan angka desimal dibelakang koma selalu keatas.

Untuk deskripsi, senjata yang digunakan bebas, asal wajar.
  • Vampir hanya bisa dilukai dengan senjata anti-vampir, sehingga deskripsikan menyerang vampir menggunakan senjata anti-vampir (irp) dan saat melakukan serangan gunakan diceroll (orp).
  • Senjata anti-vampir hanya mampu melukai vampir, tapi tidak pada manusia[note]senjata mematikan apabila mengenai vampir, tapi jika digunakan pada manusia seperti mainan perak saja[note].
  • Pertarungan tangan kosong. Antar sesama spesies bisa saling melukai dengan pertarungan tangan kosong. Vampir bisa menyerang Hunter maupun manusia dengan tangan kosong, namun tidak dengan sebaliknya. Hunter dan manusia bisa saling melukai dengan pertarungan tangan kosong.
ORP hanya boleh menyerang satu target saja alias PvP. Jika 1x24 jam target tidak membalas, maka boleh menyerangnya lagi atau mengganti target atau target yang sama diserang karakter lain [note]berlaku untuk DEF juga[note].


Serangan Massal
Aturan PvP tidak berlaku untuk seluruh karakter apabila melawan NPC yang menyerang massal dalam satu post atau karakter dengan plot diserang massal. Untuk kasus menyerang massal, karakter juga dapat melakukan hal yang sama (menyerang lebih dari satu) pada tiap npc selama base point lebih tinggi atau setara. HP musuh diakumulasikan sesuai dengan jumlah musuh yang menyerang ORP. Hasil dice karakter ADC/Tank dikalikan sebanyak jumlah musuh. Untuk DEF, Tank dapat melindungi seluruh karakter yang menjadi korban.

Contoh:
John (pureblood) dengan job status Tank melawan 5 vampir E (exp 10%) yang menyerang kelima temannya. HP kelima vampir E adalah 1925 (hasil dari 385*5). Dua vampir E menyerang Blodwen, dua vampire E menyerang Lau, dan satu vampir E menyerang John. Total serangan kelima vampire E tersebut adalah 345.

John membuat tameng dengan dice DEF sebanyak 356 (angka terakhir lebih dari sama dengan lima, maka efek dice penuh) dengan target dirinya, Lau, dan Blodwen. Dice 356 dikalikan sejumlah vampir, menjadi 1780. Sehingga HP vampire E adalah 1925 - (1780 - 345) = 490.

Sedangkan efek serangan karakter dengan base point lebih rendah daripada NPC tidak ada bedanya seperti PvP (IRP dan ORP hanya bisa melawan satu).

Aturan slot dan 1x24 jam tetap berlaku. Apabila sudah ada karakter yang lebih menyerang seluruh musuh dalam satu pos itu, maka perlu menunggu musuh membalas atau 1x24 jam setelah post terakhir musuh.

Contoh:
  1. Radiant (pureblood) menyerang NPC (5 vampire pureblood). Sebelum NPC tersebut membalas atau belum 1x24 jam, maka karakter lain tidak ada yang boleh menyerang NPC tersebut.
  2. Malvolia (Hunter Veteran) menyerang NPC (5 Vampire Pureblood). Karena base point Malvolia lebih rendah daripada NPC, maka Malvolia hanya bisa menyerang satu vampire. Apabila Radiant ingin menyerang NPC yang sama, maka dice serangan Radiant dikalikan sejumlah vampir yang belum diserang, yaitu 4.
  3. Jika slot sudah penuh tetapi diisi oleh karakter ADC, maka dice DEF karakter Tank hanya berlaku untuk melindungi. Meski dice DEF melebihi ATK NPC, HP NPC tidak akan berkurang oleh sisa dice DEF. Jika dice DEF kurang dari ATK NPC, HP karakter tank tetap berkurang.
  4. Jika slot belum penuh, aturan untuk efek dice karakter tank sama seperti biasa.

Auto HealingDalam proses bertarung Ada kemudahan yang diberikan berupa sistem Healing Otomatis. Mengingat spesies Vampire dan Hunter memiliki kemampuan regenerasi. berikut adalah aturan Healing otomatis:
  • Vampire: Healing otomatis tiap 3 post. bertambah 50% dari HP awal
  • Hunter/Vampire E: Healing otomatis tiap 5 post. bertambah 50% dari HP awal
  • Human: Tidak bisa Healing.
Mis: HP awal 500, lalu kurang jadi 300. Krn auto healing, nambah HP jd 250 (setengah dr 500). dan HP sekarang 500, bukan 550.

DENGAN SYARAT:
  • Akumulasi auto-healing dengan HP yang berkurang tidak boleh melebihi jumlah HP awal.
  • Saat HP karakter 0, auto healing tetap berlaku tetapi karakter harus offroll sampai HP kembali terisi.
  • Offroll untuk Auto Healing akan berulang (dianulir) jika saat saat sedang Offroll karakter tersebut terkena serangan.
  • Apabila serangan lawan menyebabkan HP minus, maka HP maksimal berkurang 20% begitu seterusnya (sampai 5 kali alias 100%). Saat sudah 100%, maka karakter bersangkutan K.O. tidak lagi bisa melakukan autohealing. Hanya berlaku pada topik yang sedang diikuti.
Contoh: Karakter A memiliki HP awal 1000. Setelah diserang HP A menjadi -20. HP maksimal A dengan auto healing maupun bantuan teman setelah itu adalah 800 (dikurang 20% dari HP awal). Apabila A terkena serangan lagi dan HP kembali minus, maka HP maksimal berkurang lagi sebanyak 20% (600).


Job StatusSelain sistem pertarungan diatas ada job status yang dapat diambil oleh setiap spesies. Adapun Job status dan keuntungannya sebagai berikut:
  • Attacker (ADC): Adalah para karakter yang bertugas melakukan serangan. Keuntungan spesies seperti poin dasar dan auto healing tetap berlaku.
  • Defender (Tank): Adalah para karakter yang bertugas untuk menjadi pelindung. Cara melindungi dapat dilakukan dengan membuat pelindung, menjadi umpan, dan lainnya. Job status ini sangat dibutuhkan untuk membantu proses healing otomatis. Keuntungan spesies seperti poin dasar dan auto healing tetap berlaku. Dice melindungi sama dengan dice serang. Hasil dice (melindungi) dikurangi dengan hasil dice serangan lawan. Apabila dice (melindungi) sama dengan milik lawan, maka serangan lawan gagal. Jika dice melindungi lebih besar daripada serangan lawan, maka selisihnya akan mengenai lawan. Tetapi jika dice serangan lawan lebih besar, maka selisih serangannya akan mengenai Tank.
  • Human Support (HSP): Manusia dapat melakukan penyembuhan dengan menggunakan item yang tersedia ditambah dengan kemampuan mengobati. Tiap karakter akan melakukan dice roll 1d5 pada pos absen (sebelum pertarungan dimulai, bisa di awal atau pertengahan topik). Hasil dice roll menentukan kualitas item dalam penyembuhan. Untuk menggunakan item,
    dice yang digunakan adalah 1dEXP+item
Item 1
(HP: 1000)
Darah segar 600ml (khusus vampir), kertas mantra penyembuh level A (Hunter).
Item 2
(HP: 700)
Darah segar 350ml (khusus vampir), kertas mantra penyembuh level B (Hunter).
Item 3
(HP: 500)
Darah segar 200ml (khusus vampir), kertas mantra penyembuh Level C(Hunter).
Item 4
(HP: 250)
Darah segar 100 ml (khusus vampir), kertas mantra penyembuh Level D (Hunter).
Item 5
(HP: 150)
Obat-obatan manusia, minuman penambah energi, dll.
Jumlah dice roll menentukan jumlah item yang dibawa. Jumlah dice roll di tiap topik tidak menentu, tergantung plot yang saat itu berlangsung.

Khusus manusia
Selain menggunakan item, manusia dapat melakukan healing pada spesies Vampire dan Hunter dengan memberikan darah mereka. Persentase HP pemulihannya adalah persentase HP yang berkurang pada manusia. HP YANG DIBARTER TERSEBUT BERSIFAT PERMANEN ATAU TIDAK BISA DIKEMBALIKAN KE JUMLAH AWAL (asumsinya manusia yang sudah memberikan darahnya untuk vampir akan melemah, jika habis dia akan mati). Keadaan ini berlaku selama topik berlangsung. Apabila memulai topik baru, HP akan kembali seperti semula. Apabila HP saat misi adalah 0, manusia dapat memilih diiubah menjadi vampir dan hidup (Jika yang menghisap darahnya adalah Pureblood) atau mati.

Contoh: Karakter X adalah human dengan HP 150. Seorang Vampire Y terluka, dengan sisa HP 100/1000. X sepakat memberikan 50% darahnya untuk Y. Setelah transaksi, HP Y akan bertambah 500 (50% dari HP awal Y). Sedangkan HP X akan berkurang menjadi 75 dan permanen alias tidak dapat di heal kembali ke HP awal selama misi berlangsung.



TAG MisiTag wajib dipasang dalam pos yang mengharuskan serangan. Format dibebaskan tetapi mencakup keterangan HP karakter, post ke-x (pengingat auto-healing), target, atk/def. Contoh format yang bisa digunakan adalah seperti di bawah ini:
HP: 1625 // #1
Target: Vampire E | ATK: 1d325+163
[+] Spoiler
HP: 1625 // #1
Target: [ me ], teman 1, teman 2 | DEF: 1d325+163
  • Untuk Vampir: Ketika post bertarung sudah mencapai 3, maka post selanjutnya HP akan bertambah sesuai ketentuan auto-healing dan hitungan auto healing kembali dari #1.
  • Untuk Hunter: Ketika post bertarung sudah mencapai 5, maka post selanjutnya HP akan bertambah sesuai ketentuan auto-healing dan hitungan auto healing kembali dari #1.
  • Saat HP: 0 atau minus, perhitungan post otomatis kembali ke #1. DAN JIKA KEMUDIAN karakter bersangkutan terkena serangan sebelum auto-healing bekerja, maka memulai lagi dari #1.
    Contoh:
    Sebelum diserang seorang Hunter sudah sampai post #3 untuk auto healing, tetapi sebelum sempat posting untuk menambahkan HP dan mengulang perhitungan Auto Healing. Dia diserang sampai HP-nya habis. Maka pada post selanjutnya ia perhitungan auto healingnya dimulai lagi dari #1.

LevelingBeberapa karakter memiliki kesempatan untuk meningkatkan kekuatan mereka dan naik jabatan/kelas. EXP karakter tidak akan berkurang saat leveling. Ketentuan leveling adalah sebagai berikut:
  • Vampire D -> C: Memiliki EXP melebihi base point (>700) dan menjalani topik naik level yang dibuatkan oleh mentor/karakter dengan level lebih tinggi.
  • Trainee Hunter -> Hunter: Karakter telah lulus sekolah, EXP melebihi base point, dan menjalani topik naik level yang dibuatkan oleh mentor/karakter dengan level lebih tinggi.
  • Hunter -> Hunter Veteran: EXP melebihi base point, 5 tahun di KoM (irp), dan menjalani topik naik level yang dibuatkan oleh mentor/karakter dengan level lebih tinggi.
Selain Pureblood, EXP tiap karakter yang dapat digunakan untuk pertarungan memiliki batasan. Ketentuan batasan EXP untuk pertarungan ialah sebagai berikut:
  • Ketua Hunter: 3000
  • Vampire B: 2500
  • Hunter Veteran: 2500
  • Vampire C: 1500
  • Human: 1000
Sisa EXP yang melebihi batasan di atas dapat digunakan untuk reputasi yang mempengaruhi ketenaran di luar KoM.
Like
Share

Joined: August 14th, 2017, 4:07 am

August 27th, 2017, 2:24 pm #3

III. Reputation System
(Popularity)
Reputation System merupakan sistem dalam forum untuk menentukan ketenaran suatu karakter di universe forum. Sistem ini berlaku untuk seluruh karakter. Bentuk keteranan bermacam-macam: ketenaran diri sendiri atau usaha yang dilakoni, baik atau buruk. Untuk mendapatkannya, karakter dapat mengumpulkan EXP dan menukarkannya di Topik Penukaran Point. Ketentuan penukaran EXP untuk reputasi karakter adalah sebagai berikut:
  • (Tanpa bintang) (lvl 0; 0 EXP)
    Commoners warga biasa, siswa biasa, pegawai biasa, pengikut sekte biasa, pesuruh penjahat biasa. Keadaan yang dimiliki oleh semua karakter yang tidak dikenal oleh lingkungannya. Buat mereka yang tidak punya pengaruh pada orang asing ketika namanya disebut.
  • ★ (lvl 1; 100 EXP)
    Kamu mulai dikenal oleh komunitas kecil: Satu desa, Sekolah, Knight on Manvhires, spesies. Karakter Vampire B, Hunter Veteran, dan Student Council otomatis mendapatkan satu bintang setelah registrasi. Di ibaratkan orang asing akan berkata "sepertinya pernah dengar nama itu" ketika namamu disebut secara random di sebuah lingkungan yang masih berinteraksi dengan lingkungan tempat kamu populer.
  • ★★ (lvl 2; 200 EXP)
    Kamu mulai dikenal oleh komunitas yang lebih luas. Namamu mulai terselip dalam pembicaraan. Pureblood maupun anggota Knight on Manvhires yang memiliki jabatan otomatis mendapatkan dua bintang setelah registrasi. Untuk karakter berjabatan di sebuah instansi dan pengaruhnya mulai di pertimbangkan.
  • ★★★ (lvl 3; 300 EXP)
    Kamu mulai disorot oleh media. Semakin banyak yang mengenali nama kamu, meskipun belum semuanya tahu. Pejabat, Kepala Sekolah, Artis/Model/dsb masuk ke dalam golongan ini. Atau keluargamu pernah terkenal sebagai pahlawan atau punya bisnis keluarga yang besar, dan ketika marga mu disebut orang baru dapat gambaran kedudukan mu di starata sosial.
  • ★★★★ (lvl 4; 500 EXP)
    Cerita tentangmu tersebar luas (benar atau salah, baik atau buruk). Penjahat kelas kakap (seperti Rido Kuran), Perdana Mentri, anggota keluarga Kerajaan, pemilik perusahan besar, pemilik restoran laris se-Driuland, dsb masuk ke dalam golongan ini. Khusus untuk chara yang secara pribadi dikenal dan berpengaruh ke seluruh Driuland. Mendengar namamu atau julukan mu saja seseorang bisa langsung paham kamu siapa dan langsung berubah sikap kepadamu saat itu juga. Lebih kepada terkenal secara individu, dan keputusannya bisa memengaruhi banyak orang. Lebih di khususkan untuk chara dewasa yang bukan murid academy.
  • ★★★★★ (lvl 5; 700 EXP)
    Kamu terkenal seantero Driuland. Namamu akan diabadikan dalam sejarah atau wajahmu bisa diabadikan di koin. Raja, Ketua Knight of Manvhires, atau orang-orang berpengaruh lainnya masuk dalam golongan ini. Karakter yang bahkan oleh orang biasa saja tidak diimpikan untuk bertemu. Terkenl tidak hanya di Driuland melainkan juga negara tetangga.
Sistem PenukaranBerbeda dengan leveling Hunter dan Vampir, EXP akan terpotong saat melakukan penukaran untuk reputasi. Untuk naik ke level selanjutnya, karakter harus mengumpulkan EXP sesuai yang tertera di atas. Karakter hanya bisa naik satu level/term. Meski karakter kalian (lvl 0) memiliki jumlah EXP sebanyak 300, karakter kalian tidak bisa langsung naik ke level 2 dalam satu term.
Like
Share

Joined: August 14th, 2017, 4:07 am

August 31st, 2017, 5:52 am #4

IV. Mission



Pembuatan Misi
  • Misi hanya dapat dibuat oleh anggota Knight of Manvhires dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Misi SSS: dapat dibuat maksimal 2x dalam satu term oleh Ketua KoM (Departemen Vampire atau Departemen Hunter). Misi ini memiliki peranan besar dalam plot forum. Biasanya merupakan misi dengan jenis/jumlah musuh yang belum diketahui dan situasi yang masih abu-abu. Misi ini dapat melibatkan seluruh aggota KoM.
    • Misi SS: dapat dibuat maksimal 4x dalam satu term oleh karakter dengan jabatan minimal Anggota Badan Internal KoM (Vampire B atau Hunter Veteran). Misi ini dapat berupa penelitian, pencarian buronan, mengintai, dll. Yang terlibat pada misi ini umumnya para karakter berjabatan atau sudah lama berada di asosiasi. Apabila terdapat pertarungan dalam misi, vampir yang ditemui di atas level C dengan EXP 25%.
    • Misi S: dapat dibuat maksimal 10x dalam satu term oleh karakter dengan jabatan minimal anggota divisi (Hunter >5 tahun atau Vampir C). Bentuk misi berkaitan dengan tugas divisi. Apabila terdapat pertarungan dalam misi, vampir yang ditemui di atas level D dengan EXP 10%.
    • Misi D: dapat dibuat maksimal 15x dalam satu term oleh karakter dengan jabatan minimal anggota KoM (Hunter < 5 tahun atau Vampir D). Misi yang dikerjakan merupakan tugas minor, memberantas atau menangkap vampir yang tidak buas; vampire E ke atas dengan EXP 10%).
  • Batasan pembuatan misi bukan berlaku perorangan, tapi untuk keselurahan peserta dan partisipan misi.
  • Tiap pembuat misi bebas menentukan siapa saja yang boleh menjadi partisipan.
  • Pembuat misi mendapatkan poin minimum dari misi yang dibuatnya.
    Apabila turut berpartisipasi dalam misi, pembuat misi berhak mendapatkan poin sebagai peserta dan diakumulasikan dengan poin sebagai pembuat.
  • Misi harus tuntas sebelum pembuat misi dapat membuat misi baru.
  • Pembuat misi dapat menjadi peserta di misi lain apabila tidak menjadi peserta di misi buatannya.
Keikutsertaan Misi
  • Misi dapat diikuti siapa saja, tergantung pada syarat yang diajukan oleh pembuat misi.
  • Peserta misi hanya dapat menjalani satu misi dalam satu waktu. Misi sebelumnya harus tuntas untuk dapat mengikuti misi baru.
  • Jumlah poin yang peserta misi dapatkan bergantung pada penilaian pembuat misi.
Batas WaktuLama berlangsungnya misi tergantung pada pembuat misi dan paling lambat 1 term. Misi yang tidak dilaporkan paling lambat seminggu sebelum opreg, maka para peserta maupun pembuat tidak akan mendapatkan poin.
Like
Share