Information: This board is currently read-only.

Cross Academy

Joined: August 14th, 2017, 4:07 am

August 19th, 2017, 5:45 am #1

CROSS ACADEMY
Cross Academy merupakan sekolah swasta dengan sistem asrama. Sekolah ini sudah ada sejak seribu tahun yang lalu dan sudah berulang kali direnovasi. Meski begitu, desainnya masih seperti awal terbentuk dan juga mempertahankan keasrian di wilayah sekitar sekolah yang merupakan daerah perbukitan.

Sekolah ini didirikan oleh keluarga Cross, tapi terabaikan selama beberapa tahun hingga akhirnya keturunan terakhir mereka, yaitu Kaien Cross membuka kembali sekolah ini. Pada tahun 1144 CE, Cross Academy membuka program untuk para vampir. Program ini terlaksana karena bantuan Kaname Kuran dan juga salah satu anggota parlemen (ayah Sayori Wakaba).

Pada awal terbentuknya, orang awam tidak tahu bahwa murid Night Class merupakan vampir. Untuk menjaga tindak-tanduk para vampir, tak hanya hunter yang ditugaskan menjaga tapi juga ditunjuknya Zero Kiryuu dan Yuuki Cross (Yuuki Kuran dalam wujud manusia dan menjadi anak angkat Kaien Cross) sebagai Guardian.

Setelah invasi oleh Rido Kuran pada tahun 1145 CE, beberapa murid Day Class diperbolehkan menyimpan memori mereka akan kejadian itu sementara sebagian besar dihapus ingatannya oleh para Noble. Setahun setelah kejadian itu, akibat tindakan Kaname Kuran, Yuuki Kuran pun memutuskan untuk mendirikan kembali Night Class dan terus bertahan sampai sekarang.

Karena Kaien Cross tidak memiliki keturunan dan Yuuki Kuran maupun Zero Kiryuu sudah disibukkan dengan urusan masing-masing kubu, Takuma Ichijou ditunjuk sebagai Kepala Sekolah Cross Academy setelah Kaien Cross. Setelahnya, Takuma Ichijou menunjuk anaknya untuk menjadi Kepala Sekolah, dan terus berlanjut hingga pada cucuknya, yaitu Lau Ichijou.
Like
Share

Joined: August 14th, 2017, 4:07 am

August 19th, 2017, 6:48 am #2

I. School Map and Uniform
Cross Academy berada di perbukitan dan dikelilingi hutan. Gedung Utama Sekolah ini merupakan bangunan paling besar di antara bangunan yang lain di Cross Academy dan dapat terlihat dari Ecatpolis. Butuh sekitar dua jam untuk pergi ke kota dengan berkendaraan.

(Jalan menuju Gerbang Utama Cross Academy)


(Gerbang Utama Cross Academy.
Setelahnya terdapat gerbang lain yang menghubungkan dengan Gedung Utama Cross Academy)
Luas wilayah Cross Academy kurang lebih 300 Ha, sudah termasuk hutan dan juga danau di sekitarnya. Hanya siswa, kerabat dekat siswa, dan orang berkepentingan yang sudah mendapatkan izin khusus dari kepala sekolah sajalah yang bisa masuk ke wilayah Cross Academy. Orang lain hanya bisa mengantar sampai gerbang pertama saja. Untuk sampai ke wilayah dalam Cross Academy, seseorang harus mencapai Gerbang Utama dengan berjalan kaki atau dengan menaiki kereta kuda yang telah disediakan.

(Wilayah Dalam Cross Academy; klik gambar untuk memperbesar)
Meski bagian dalam Cross Academy juga terdapat hutan, hewan-hewan yang berkeliaran bukanlah hewan buas. Melainkan hewan tak berbahaya seperti rusa, burung, dan lainnya.

Cross Academy tingkat pendidikannya setara dengan sekolah menengah atas. Dengan lama masa pembelajaran adalah 3 tahun. Jumlah kelas setiap angkatan sebanyak 5 kelas dengan jumlah murid sekitar 30 anak tiap kelasnya. Murid Night Class hanya terdiri dari vampire, sedangkan murid Day Class terdiri dari Hunter dan manusia.

Bangunan utama Cross Academy, tempat kegiatan belajar mengajar berlangsung, terdiri dari tiga lantai, belum termasuk atap dan menara jam dinding. Lantai pertama untuk tingkat pertama, lantai dua untuk tingkat dua, dan lantai tiga untuk tingkat tiga.

Di bagian belakang bangunan utama, terdapat jembatan yang menghubungkan ke masing-masing wilayah asrama: Moon Dorm untuk siswa/i Night Class dan Sun Dorm untuk siswa/i Day Class. Guardian masing-masing asrama akan membimbing siswa/i saat pergi ke bangunan utama maupun saat kembali ke asrama. Tiap senja, siswa/i Day Class akan berpapasan dengan siswa/i Night class yang baru akan memulai jam pelajarannya pada malam hari.

Wilayah Moon Dorm dan Sun Dorm terpisahkan oleh danau, sungai, dan dikelilingi hutan. Bagi manusia, selain melalui jembatan, tidak ada jalan lain untuk sampai ke wilayah masing-masing. Karena kediaman Kepala Sekolah terletak di wilayah Sun Dorm, apabila ada siswa/i Night Class yang hendak menemuinya, Guardian akan ikut serta mendampingi.

(klik gambar untuk memperbesar)
Seragam Day Class
  • Sehari-hari
    • Kemeja berlengan panjang warna putih (siswa/i).
    • Jaket (siswa/i), rompi (siswa), celana (siswa), rok (siswi) berwarna hitam.
    • Warna garis pada jaket putih keabu-abuan.
    • Warna dasi siswa merah, sedangkan dasi siswi merah cerah.
    • Siswa hanya boleh melipat bagian bawah celananya sebanyak 4-4.5 cm.
    • Panjang rok siswi paling tidak 10 cm lebih panjang dari bawah jaket.
    • Kaos kaki berwarna hitam.
    • Sepatu sekolah berwarna cokelat tua.
    • Kancing terbuat dari perak dan berbentuk mawar.
    • Lambang sekolah terbentuk dari perak: berupa kalung untuk siswi; bros pada dasi untuk siswa.
  • Seragam Olahraga
    • Kaos berwarna putih (siswa/i).
    • Celana panjang dan jaket berwarna merah gelap.
    • Di bagian punggung jaket terdapat tulisan 'Cross Academy' dan lambang sekolah.
    • Bagian depan, dada sebelah kiri, terdapat lambang sekolah dengan ukuran lebih kecil dan nama siswa/i.
    • warna garis maupun tulisan adalah hitam.
Seragam Night Class
  • Sehari-hari
    • Kemeja berlengan panjang warna hitam (siswa/i).
    • Jaket (siswa/i), rompi (siswa), celana (siswa), rok (siswi) berwarna putih.
    • Warna garis pada jaket hitam.
    • Warna dasi siswa merah, sedangkan dasi siswi merah cerah.
    • Siswa hanya boleh melipat bagian bawah celananya sebanyak 4-4.5 cm.
    • Panjang rok siswi paling tidak 10 cm lebih panjang dari bawah jaket.
    • Kaos kaki berwarna hitam.
    • Sepatu sekolah berwarna cokelat tua.
    • Kancing terbuat dari perak dan berbentuk mawar.
    • Lambang sekolah terbentuk dari perak: berupa kalung untuk siswi; bros pada dasi untuk siswa.
  • Seragam Olahraga
    • Kaos berwarna hitam (siswa/i).
    • Celana panjang dan jaket berwarna merah gelap.
    • Di bagian punggung jaket terdapat tulisan 'Cross Academy' dan lambang sekolah.
    • Bagian depan, dada sebelah kiri, terdapat lambang sekolah dengan ukuran lebih kecil dan nama siswa/i.
    • warna garis maupun tulisan adalah putih.
Like
Share

Joined: August 14th, 2017, 4:07 am

August 19th, 2017, 7:14 am #3

II. Curriculum
Kegiatan belajar mengajar berlangsung setiap hari Senin-Jumat. Satu periode berlangsung selama 2x45 menit. Kegiatan Siswa/i di gedung utama berlangsung dari pukul 8 pagi hingga 5 sore dengan dua kali jam istirahat pada pukul 12 siang dan 3 sore (masing-masing 45 menit). Kegiatan siswa/i Night Class berlangsung mulai pukul 6 sore hingga 3 pagi dengan dua kali jam istirahat pada pukul 9 malam dan 12 pagi (masing-masing 45 menit).

Selain itu, yang menjadi pembeda kurikulum Cross Academy dengan sekolah lain ialah pada mata pelajaran khusus yang dapat diambil oleh siswa-siswinya terkait dengan dua spesies asing yang baru terekspos publik se-abad yang lalu.
Mata Pelajaran Umum
Kelas I
Bahasa
Aljabar/Geometri
Sejarah Dunia
Fisika
Olahraga
Matpel Pilihan
Kelas 2
Bahasa
Aljabar II/Trigonometri
Geografi Duniai
Biologi
Olahraga
Matpel Pilihan
Kelas 3
Bahasa
Kalkulus
Sejarah Driuland
Kimia
Olahraga
Matpel Pilihan

Mata Pelajaran Pilihan
Ada tiga mata pelajaran yang dapat dipilih siswa/i Cross Academy, yaitu:
  • Vampire Lore
    Mata pelajaran ini bertujuan untuk mengajarkan siswa/i mengenai pengetahuan tentang spesies lain yang hidup di dunia, yaitu vampir. Pada tahun pertama, siswa/i diajarkan mengenai sejarah vampir. Pada tahun kedua, siswa/i diajarkan mengenai fisiologi vampir dan hal-hal yang membedakannya dengan manusia. Pada tahun terakhir, siswa/i diajarkan mengenai kebudayaan yang vampir anut.
  • Hunter Lore
    Mata pelajaran ini bertujuan untuk mengajarkan siswa/i mengenai pengetahuan tentang spesies lain yang hidup di dunia, yaitu Hunter. Pada tahun pertama, siswa/i diajarkan mengenai sejarah Hunter. Pada tahun kedua, siswa/i diajarkan mengenai fisiologi Hunter dan hal-hal yang membedakannya dengan manusia. Pada tahun terakhir, siswa/i diajarkan lebih spesifik mengenai komunitas Hunter.
  • Seni
    Ada tiga macam seni yang diajarkan dalam mata pelajaran pilihan ini: lukis, musik, dan teater. Siswa/i bebas memilih jenis seni apa yang hendak dipelajari. Pada tahun pertama siswa/i diajarkan dasar-dasar (sejarah, teknik, dan sedikit praktek). Pada tahun kedua, siswa/i diajarkan teknik-teknik yang lebih sulit dan lebih sering melakukan praktik. Pada tahun ketiga, siswa/i diajak untuk membuat karya dan mempertunjukkan hasilnya pada publik, yang mana hal ini menjadi acara tahunan Cross Academy.
Like
Share

Joined: August 14th, 2017, 4:07 am

August 19th, 2017, 8:11 am #4

III. Student Council and Club

Student Council
OSIS di Cross Academy terdiri dari siswa/i kelas dua dengan jumlah keseluruhan dari kedua asrama sebanyak 8 orang: Ketua, Wakil Ketua, dan dua Guardian dari masing-masing asrama. Ketua Asrama dan Wakil Ketua Asrama dipilih berdasarkan voting siswa/i masing-masing asrama, sedangkan Guardian ditunjuk langsung oleh Kepala Sekolah beserta dewan guru (biasanya yang dipilih merupakan Pureblood/Noble untuk Night Class atau Hunter untuk Day Class).

Tugas OSIS secara keseluruhan ialah menjaga keharmonisan antar siswa. OSIS pun yang biasa mengurus kegiatan di luar sekolah, seperti karya wisata atau pertunjukan tahunan. Khusus untuk Guardian, mereka bertugas untuk menjaga siswa/i masing-masing asrama untuk tidak melanggar peraturan. Mereka mendapat wewenang untuk keluar saat jam malam (untuk Guardian Day Class) atau siang hari (untuk Guardian Night Class). Guardian Day Class juga diberikan wewenang khusus untuk menggunakan senjata anti-vampir di area sekolah. Guardian Day Class yang bukan merupakan keturunan hunter akan mendapatkan senjata anti-vampir dari kepala sekolah dan harus mengembalikan senjata tersebut setelah lepas jabatan.

Untuk membedakan anggota Student Council dengan murid lain, mereka menggunakan dasi berwarna hijau gelap. Warna dasi yang dikenakan Guardian tetap merah, tapi mereka menggunakan badge di tangan (kanan/kiri) dengan lambang Cross Academy; warna hitam untuk Guardian Night Class, warna putih untuk Guardian Day Class.



Clubs
Ada belasan klub di Cross Academy, seperti Klub Berkebun atau Klub Berkuda. Tiap klub memiliki ruangan masing-masing di lantai dua atau tiga. Kegiatan klub berlangsung pada hari Sabtu dengan waktu yang fleksibel (pagi hingga pukul 8 malam). Siswa/i Night Class juga bisa bergabung ke dalam klub, tetapi tetap berada di bawah pengawasan Guardian.
Like
Share

Joined: August 14th, 2017, 4:07 am

August 19th, 2017, 8:49 am #5

IV. Academic Calendar


Semester Ganjil
April: Upacara penerimaan siswa baru. Konsultasi karir bagi kelas 3.
Akhir Mei: Ujian tengah semester.
Awal Juli: Ujian akhir semester.
Pertengahan Juli-Akhir Agustus: Libur Musim Panas.
Semester Genap
September: Upacara di awal semester.
Oktober: Festival sekolah.
November: Ujian Tengah Semester.
Desember: Pertunjukan atau Pameran Tahunan oleh siswa/i yang mengambil Matpel Pilihan Seni.
Akhir Desember-Awal Januari: Libur Musim Dingin.
Pertengahan Januari: Ujian Akhir bagi kelas 3.
Februari: Ujian akhir semester. Persiapan kelulusan bagi kelas 3.
Maret: Upacara kelulusan dan akhir semester. Penerimaan siswa baru.
Like
Share

Joined: August 14th, 2017, 4:07 am

August 22nd, 2017, 3:44 pm #6

V. Rules
[note]tidak semua ditulis di sini, tapi hal-hal umum seperti dilarang merokok sebenarnya juga ada di aturan irp[note]
Sekolah
  • Siswa Day Class berangkat dari asrama didampingi Guardian pukul 7.00 pagi; Siswa Night Class berangkat dari asrama didamping Guardian pukul 5.00 sore.
  • Siswa Day Class dilarang berada di kawasan Moon Dorm tanpa memiliki izin dan didampingi Guardian, begitu pula sebaliknya.
  • Siswa harus sudah berada di sekolah (gedung utama) 15 menit sebelum jam pelajaran dimulai.
  • Siswa yang terlambat tidak diperkenankan masuk kelas kecuali mendapatkan surat izin dari guru piket.
  • Saat bel jam pelajaran pertama berbunyi, siswa sudah berada di kelas masing-masing.
  • Siswa yang meninggalkan kelas lebih dari 15 menit dan tidak kembali tanpa alasan jelas dinyatakan absen.
  • Dilarang menggunakan ponsel atau benda elektronik lainnya saat pelajaran berlangsung.
  • Siswa dilarang meninggalkan gedung utama saat jam istirahat tanpa izin dari guru piket.
  • Siswa Day Class kembali ke asrama didampingi Guardian pukul 5.30 sore—setengah jam setelah jam pelajaran terakhir usai; Siswa Night Class kembali ke asrama pukul 3.30 pagi—setengah jam setelah pelajaran terakhir usai.
  • Siswa/i dilarang berpenampilan mencolok.
Asrama
  • Siswa Day Class dilarang meninggalkan asrama mulai dari jam 7 malam sampai dengan jam 6 pagi.
  • Siswa dilarang memasuki atau berada di kamar siswi putri. Apabila hendak mengerjakan tugas, dapat dilakukan di ruang rekreasi.
  • Siswa/i dilarang membuat keributan.
  • Siswa diperbolehkan pergi ke Ecatpolis pada akhir pekan.
  • Siswa/i diperbolehkan membawa memasang elektronik lain—seperti televisi—di kamar masing-masing asal tidak berlebihan.
  • Siswa/i dilarang menyimpan senjata tajam—Guardian pengecualian.
Like
Share