Semi-Canon dan Fanon

revabhipraya
Honored Member
revabhipraya
Honored Member
Joined: August 16th, 2015, 11:22 pm

October 30th, 2015, 1:52 am #1

Heum... sebenernya saya udah lama join FFN cuma saya masih bingung sama dua ini

Sepengetahuan saya, semi-canon itu kan, canon yang agak melenceng? Jadi nggak sesuai sama aslinya, sementara fanon itu kejadian yang gak mungkin terjadi di kisah aslinya? Terus letak perbedaannya dimana?

Tolong bantu saya, ya. Ini bingung banget
revabhipraya
FFn | AO3 | dA | wp | WP
Quote
Like
Share

ShiueFha-chan
Honored Member
ShiueFha-chan
Honored Member
Joined: May 22nd, 2011, 6:04 am

January 20th, 2016, 2:03 am #2

Ini kalau saya nggak salah sih...
Semi-canon: sebagian sesuai canon, sebagian tidak.
Fanon: Fan Canon: Headcanon dari fans yang lebih sering tidak sesuai dengan cerita aslinya.

Mungkin ada yang mau menambahkan?
"... when you gave me a love letter, I was really happy. Since we were still in the elementary school, I... I love you..."
"Doremi... BE MY GIRLFRIEND!!" (Kotake Tetsuya, Ojamajo Doremi 18 Spring has...... chapter 2)
OMG! They're REALLY becoming CANON!
Quote
Like
Share

revabhipraya
Honored Member
revabhipraya
Honored Member
Joined: August 16th, 2015, 11:22 pm

January 21st, 2016, 2:59 am #3

@ShiueFha-chan
Ooh, jadi Fanon itu Fan-Canon, ya :') Rey malah baru tau.. jadi maksudnya itu canon gimana fans? (?)
revabhipraya
FFn | AO3 | dA | wp | WP
Quote
Like
Share

rasyalleva
Premium Member
rasyalleva
Premium Member
Joined: July 15th, 2014, 1:26 pm

May 3rd, 2016, 3:16 pm #4

Semi-canon: Canon bukan, AU nanggung (...). Jadi, settingnya mungkin beda, tapi tetep ada unsur canon-nya gitu. Sudah jelas dari kata 'semi'-nya sendiri sih, hehe.

Fanon. Aku nemu definisinya, tapi dalam bahasa inggris:

>Fanon is the collection concepts and ideas that are normally used in most fan fiction, but don't really existence in the real story's canon.
>Certain ideas may become influential or widely accepted within fan communities, who refer to such ideas as "fanon", a portmanteau of fan and canon.

Semoga membantu 'v')7

rasyalleva
Quote
Like
Share