[saran] Tutorial thread

Deleted User
Deleted User

December 20th, 2011, 3:46 pm #1

Setujukah Anda jika diadakan thread tutorial gfx di board show off?

Total votes: 40
33(83%)
7(18%)

Halo...

Setelah sekian lama (nga inget lamanya #plak) saya ada saran kepada min-min semuanya.

Bolehkah ada tutorial thread khusus tutorial di Show Off thread? :happywaves:

Dari kemarin2 saya byk rikues u/ pembuatan tutorial dan juga sekalian berbagi2 ilmu ke teman2 semuanya. >_< Saya meminta tutorial thread ini bukan didalam Mini GFX atau Art Gallery karena supaya nga bercampur dengan gallery2 yang ada. Di folder itu khusus tutorial (klu mo show off udh ada foldernya). Supaya lebih unik saya sarankan thread2 ada polling (membantu tidak tutorialnya?). Jadi, selain berbagi ilmu, kita juga bisa latihan menulis tutorial baik dan benar. :excited2:

Tutorial thread nga hanya yg GFX tapi juga berlaku u/ tutorial menggambar juga supaya adil.

Mohon pertimbangan dan dukungan saran ini min-min dan teman2. :X3:

Thanks~! ^^

Silent Afterglow
Honored Member
Silent Afterglow
Honored Member
Joined: December 23rd, 2010, 9:52 am

December 21st, 2011, 3:29 am #2

Yah boleh sih. Tapi siapa yang suplai tutorialnya? Not all of us here make tutorials, y'know. And more importantly, lebih sedikit lagi yang bisa bikin tutorial berkualitas. Bisa jadi nanti subforum yang isinya tutorial itu anda semua yang bikin threadnya, ga ada yang bikin lagi selain anda. Kan kalau gitu mubazir, lagipula ngeberatin yang buka dari hape. Daripada bikin subforum baru, mending bikin tret khususnya aja di tiap forum, sama momod opdis dikontrol. Jadi satu tret isinya tutorial semua. Ga mubazir, dan lebih hemat kb di hape.
"I will shoulder the burden."
~Kain Highwind, Dissidia [012] Final Fantasy~


&#9834;|&#9834;|&#9834;|&#9834;|



Peraturan ada bukan untuk jadi pajangan. Mohon ditaati.
Ini, ini, dan ini juga bukan pajangan.
avasig (c) me
Like
Share

himura kyou
Honored Member
himura kyou
Honored Member
Joined: January 18th, 2009, 7:44 am

December 21st, 2011, 8:06 am #3

hmm..
fanart/gfx bukan hal yang menjadi fokus di infantrum, jadi menurut saia tutorialnya ditaruh dalam 1 tret untuk setiap sub gallery/gfx rasanya sudah cukup.
siapapun bisa rikues dan memberi tutorial, saling menambahkan dan saling membantu dalam 1 tret sepertinya lebih manjur daripada dibikinin 1 sub dan tiap orang bikin tret sendiri2 (kalo ada yang mau bikin)
jadi siapapun apapun bagaimanapun dilakukann dalam 1 tret itu ajah.
tretnya mau di pin ato dibiarin biasa aja, keputusan di tangan momod opdis, kalo mereka setuju.
.
oya, kata2 mimin ga sepenuhnya mutlak lho.
muahahah.
Like
Share

Deleted User
Deleted User

December 21st, 2011, 7:01 pm #4

@ Silent: Klu yang mau buat yah siapa aja yang berniat untuk bagi2 ilmunya. Nga terbatas atas member2 ato mod klu soal membuat tutorial. Saya hanya saran di sub folder berbeda supaya lebih rapih dan mudah dicari dan keuntungannya poll adalah dapat feedback. Itu aja. Memang pada awalnya hanya niat ke show off area karena kebanyakan dari pertanyaan2 umum maupun khusus fanfiction sudah di jawab di thread2 biasa atau di thread forum 'Pertanyaan2 umum'. Tapi klu memang berat di forum untuk yg hape, ya bisa aja dalam bentuk Sticky thread aja.


@ himura-san: Well, I'm just going to make sure. :nods: Bukan apa2, selama ini soalnya show off hanya terbagi atas thread2 yang jelas terbagi gallery dua yaitu art gallery & yg gfx dan selebihnya show off talenta lainya. Klu saya main posting tutorial tanpa pemberitahuan dulu kan itu bukan termasuk 'Show Off'... automatis OOT dlm folder itu. Jadinya melanggar peraturan forum (/.\)

Susahnya klu 1 tret tutorial hanya orang post duluan yang bisa edit2nya (plus staff infan) kecuali yang berupa tempat numpang link. Selebihnya (misalnya materinya) mungkin di-post di blog/situs sendiri? Hm... kembali ke kebijakan staff bagaimana. Jika mau adil yah saya sarankan juga ada peraturan tentang membuat thread tutorial (jika para Minmin setuju seperti dikatakan Silent Afterglow) untuk seluruh isi forum masing2 ada thread yang khusus untuk tutorial. Ibaratnya siapa saja bisa membuat tetapi dengan aturan jelas (bisa untuk menjaga kerapihan forum/begitu juga kualitas informasinya). Klu begitu bisa memudahkan seluruh member (apalagi yang newbie).

Pertanyaan berikutnya... tutorial dalam bentuk apa yg lebih baik? Dengan gambar lebih memudahkan, tapi dengan gambar apa? Udah jelas thread2 harus pakai spoiler tapi apa mau 1 gambar utuh untuk satu tutorial atau beberapa tapi kecil2? Kan yang tau ttg forum ini lebih baik para staff, begitu juga pertimbangan bandwidth, baca di hape, dll.

Saya tahu koq kata2 Minmin nga mutlak. Makanya saya minta pertimbangan staff juga member-member lainnya. ^_^ Seperti mereka bilang saat kuliah 'Dosen bukan Dewa'. =)) Klu bisa dapat satu ide tapi dikembangin jadi hal yang bagus karena keputusan bersama yang jauh lebih baik dari ide awalnya, kenapa nga? :excited: Klu mau forum maju, yah maju bersama. ;)

himura kyou
Honored Member
himura kyou
Honored Member
Joined: January 18th, 2009, 7:44 am

December 22nd, 2011, 2:16 am #5

kan saia udah bilang, nanti tretnya mo di pin (alias sticky) ato dibiarin biasa aja itu tergantung keputusan mod opdis.
soal dalam 1 tret saia ga masalah. nanti starter postnya biar min/mod yang buatin deh biar netral.
lalu kalian yang ada rikues tutorial bisa aja post duluan, ato ada yang udah punya tutorial buat disharingkan untuk post duluan.
tapi untuk yang bikin tutorial, wajib kudu sudah beres total sebelum dipost jadi ga perlu diedit2 lagi, ato kalo mo nambah update, bikin aja di post baru, lalu pasang link single post yang sebelumnya sebagai info.
nanti di starter post mungkin bakal kita kasih index post tutorial punya abc yg mana aja (pake link single post), dan di akhir post ditulis untuk minta ditaruh dalam index supaya memudahkan staff mana yang perlu.
.
soal mo gimana isi post tutorial, saia sarankan kalo mo pake pic, picnya udah ditambah penjelasan (kalo perlu) dan dipost dalam bentuk url aja, jadi biar yang mau buka itu pic bisa di tab baru aja dan yang ga mau buka pic dan ga mau ketambahan beban blablabla juga ga keberatan.
.
hng... sekali lagi saia bilang, Infantrum adalah forum yang berfokus pada fanfic, kalo mo maju soal fanart/gfx, kita bikin forum baru aja sekalian supaya lebih mantap dan bebas berekspresi di bidang tsb =w=b
Like
Share

Deleted User
Deleted User

December 22nd, 2011, 5:38 pm #6

himura kyou wrote:hng... sekali lagi saia bilang, Infantrum adalah forum yang berfokus pada fanfic, kalo mo maju soal fanart/gfx, kita bikin forum baru aja sekalian supaya lebih mantap dan bebas berekspresi di bidang tsb =w=b
Klu soal maju bersama maksudnya itu keseluruah himura-san (tutorial misalnya dengan gambar cara posting new fic ato update fic jadi nga terbatas satu bagian forum infan aja). :waves:

Baiklah, klu ada persetujuan dari pihak admin. Just double checking supaya saat posting nga pakai berantem ama mod dulu intinya. Klu begitu saya bisa lebih tenang klu mau bikin thread tutorialnya sebaik mungkin dan dalam keadaan selsai. Klu memang nga ada saran atau masukan lagi, saya perbolehkan thread ini ditutup.

Thanks~!

~ [me]

sylviolin
Honored Member
sylviolin
Honored Member
Joined: October 9th, 2010, 7:13 pm

December 22nd, 2011, 5:57 pm #7

eeeeeeeh tunggu jangan di lock dulu asdfghjkl
mod opdis super telat ini mau komen duluuuuuuu ;w; maaf telat padahal sebenernya udah baca dari kemaren kemaren tapi males reply soalnya pake hape ;A;
oke abaikan curcolan itu... ;__;

anywaaaaaaay.
kyou-san wrote:tretnya mau di pin ato dibiarin biasa aja, keputusan di tangan momod opdis, kalo mereka setuju.
sylvi pribadi setuju di pin ajah. biar ga kelelep dan bingung nyarinya orz
tapi ngga tau momod opdis yang lain, erm, a-ada yang bisa tolong summon mereka ke sini? atau ke office juga boleh tapi aku belum ngepost apapun di office zzzz ;w;?

terus.....
kak silver wrote:Udah jelas thread2 harus pakai spoiler tapi apa mau 1 gambar utuh untuk satu tutorial atau beberapa tapi kecil2? Kan yang tau ttg forum ini lebih baik para staff, begitu juga pertimbangan bandwidth, baca di hape, dll.
ini aku gak ngerti, soalnya kayaknya kalo buka di opmin tetep aja 8-13 kb klo tanpa gambar, kalo pake gambar juga masih bisa -__- dan internet xl gagitu boros -___-
(jadi karena aku gangerti itu sebenernya aku fine fine aja sebenernya kalo misalnya mau di subforum atau mau di bikin sticky thread ._.
tapi kalo aku... emang lebih cenderung ke sticky thread. alasannya, erm, karena, mungkin kalo di subforum, kesannya kayak ada pemisahan gitu antara tutorial sama gallerynya? ._. < oke ni orang mulai ganyambung)

back to the topic.
kalo kaya katanya kyou-san bentuk url juga boleh sih. cuma aku pribadi sebenernya kalo masukin di spoiler gapapa kok ._. soalnya:
1) aku gatau bandwidth, seenaknya sih kalo ol orz; 2) aku males ngeklik HAHAHA -_-" /fail
tapi kalo mikirin bandwidth kayak seseorang (sebut aja dia mawar ._.) yang tiap ol gapernah pake gambar, kalo mikirin orang lain mendingan pake url.
jadi aku juga gak ngerti aku maunya apa. buang aja deh aku.

lanjut.
kyou-san (2) wrote:soal dalam 1 tret saia ga masalah. nanti starter postnya biar min/mod yang buatin deh biar netral.
lalu kalian yang ada rikues tutorial bisa aja post duluan, ato ada yang udah punya tutorial buat disharingkan untuk post duluan.
tapi untuk yang bikin tutorial, wajib kudu sudah beres total sebelum dipost jadi ga perlu diedit2 lagi, ato kalo mo nambah update, bikin aja di post baru, lalu pasang link single post yang sebelumnya sebagai info.
nanti di starter post mungkin bakal kita kasih index post tutorial punya abc yg mana aja (pake link single post), dan di akhir post ditulis untuk minta ditaruh dalam index supaya memudahkan staff mana yang perlu.
@kyou-san:
mimin ajah yang buat, atau mod opdis juga gapapa sih asal jangan aku soalnya aku gabisa bikin starter haha /failbagiandua
dan oh.. index? .__. se-setuju sih, jadi index single post gitu kan yaa? ._. ayo mods kita siap siap mabok lagi lalala

yak. sekian. maaf kalo ada yang ngaco. aku emang ngaco -___-
*gali lobang*

EDIT EDIIIIT!
aku dengan sepenuh hati mendukung kok dibuka thread tutorial hahaha. erm soalnya aku kan pernah di-tutorial-in terselubung di tret GFX nya kak silver hhihihihi >,< /epicfail!reason
[+] spoiler
kak silveeeeeeer kalo aku bikin GFX mau komen gak? HAHAHAHA ;)) /failbagiantiga
Like
Share

Deleted User
Deleted User

December 22nd, 2011, 6:19 pm #8

sylviolin wrote:
kak silver wrote:Udah jelas thread2 harus pakai spoiler tapi apa mau 1 gambar utuh untuk satu tutorial atau beberapa tapi kecil2? Kan yang tau ttg forum ini lebih baik para staff, begitu juga pertimbangan bandwidth, baca di hape, dll.
ini aku gak ngerti, soalnya kayaknya kalo buka di opmin tetep aja 8-13 kb klo tanpa gambar, kalo pake gambar juga masih bisa -__- dan internet xl gagitu boros -___-
(jadi karena aku gangerti itu sebenernya aku fine fine aja sebenernya kalo misalnya mau di subforum atau mau di bikin sticky thread ._.
tapi kalo aku... emang lebih cenderung ke sticky thread. alasannya, erm, karena, mungkin kalo di subforum, kesannya kayak ada pemisahan gitu antara tutorial sama gallerynya? ._. < oke ni orang mulai ganyambung)


Bandwidth itu terkait data yg diterima (kb). Orang yg buka gambar di suatu situs pasti kena dihapenya u/ bayar lebih. Hanya Opera web browser yg ng makan bandwith dengan post2 dengan Spoiler (alasan baik siggy itu harus tetap ukuran aturan forum walaupun dng spoiler nga ngaruh hilangin bandwith yg mesti didownload jg juka bukan pengguna opera). Dengan menggunakan url, kan ng download kb yg byk seperti pada gambar biasa dan punya pilihan u/ melihat atau nga.
Sylvi wrote: EDIT EDIIIIT!
aku dengan sepenuh hati mendukung kok dibuka thread tutorial hahaha. erm soalnya aku kan pernah di-tutorial-in terselubung di tret GFX nya kak silver hhihihihi >,< /epicfail!reason
[+] spoiler
kak silveeeeeeer kalo aku bikin GFX mau komen gak? HAHAHAHA ;)) /failbagiantiga
LOL. Yah berhubung byk yang pada ke galeri hanya liat2 aja. Namanya aja galleri =)) Jarang orang yg nanya.
[+] spoiler
Boleh aja. Klu yg pada minta kritik biasanya saya balas. ;) Tweet aja klu bikin thread gfx. :happywaves:
Kebijakan tutorial thread bagaimannya saya serahkan ke Minmin n Mod tachi... :waves2:

Cake F. Seiei
Honored Member
Cake F. Seiei
Honored Member
Joined: October 29th, 2009, 12:02 pm

December 24th, 2011, 8:47 am #9

Kalo menurutku ga usah dibikin subforum tutorial. Bakal repot dan jadi subforum ga penting kalo isinya cuma satu-dua topik. Mending bikin tret tutorial di gfx dan di-pin sama admin/mod. Lagian kalo bikin subforum baru, infant jadi tambah berat dan nambahin kerjaan mod opdis *padahal sendirinya gabut*.

Setuju ama mbah:
wrote:hng... sekali lagi saia bilang, Infantrum adalah forum yang berfokus pada fanfic, kalo mo maju soal fanart/gfx, kita bikin forum baru aja sekalian supaya lebih mantap dan bebas berekspresi di bidang tsb =w=b


Bersahabat dengan peraturan, berarti Anda juga bersahabat dengan para staff &#9829;
Like
Share

Sanich Iyonni
Honored Member
Sanich Iyonni
Honored Member
Joined: June 1st, 2009, 8:09 am

December 25th, 2011, 4:40 pm #10

Seperti yang sudah banyak disebut di atas, Infantrum adalah forum yang berfokus pada fanfic, jadi saya akan buka polling di thread ini untuk menampung aspirasi member-member di sini selama sebulan untuk melihat apakah mereka setuju atau tidak diadakan thread tutorial ini. Usulan Frenzy-san dilemparkan demi kepentingan anggota forum, kan? Karena itulah kita harus melihat hasil aspirasi bersama terlebih dahulu.

Harap Frenzy-san tidak membuat thread-nya sampai waktu polling selesai. Para admin dan mod opdis akan menggiatkan para member untuk memberi vote pada polling ini.

Acuan untuk format threadnya nanti--jika hasil pollingnya adalah setuju--ada pada post kyou-san yang ini.

Terima kasih :)
Mohon patuhi peraturan Infantrum demi kenyamanan kita bersama.
Like
Share