POV (Point Of View)

Deimon_DevilBatz
Honored Member
Deimon_DevilBatz
Honored Member
Joined: January 5th, 2010, 1:14 am

January 7th, 2010, 2:43 pm #1

Hi !
Mw nny nih
Qlo bkin fanfic tuh lbih enak d bca n gmpang d mngerti klo P.O.V nya sring gnti2 ato d dominasi oleh P.O.V main char y ?

Xo paz dlu nulis fic eng g pke cra yg gnti2 lmyn sring, ad yg suka jg ad yg protes Jadi bngung

N qlo mw brgnti dialog gmn cranya y biar simpel n praktis ?

Y bgtulah, d tnggu pndpatnya n Thx b4

~Digebuk gra2 kbnykan nny~



Cherished memories . . . Irreplaceable friends . . .
Quote
Like
Share

Evey
Honored Member
Evey
Honored Member
Joined: September 17th, 2009, 1:24 am

January 7th, 2010, 2:49 pm #2

P.O.V emang paling enak kalau konsisten. Misal sejak awal pake POV orang ketiga alias pihak narator, atau sekalian dari POV orang pertama maupun kedua. Menurut saya sih lebih enak kalau POV-nya sama terus, biar nggak bingung. Andai ada pergantian POV pun, ditekankan kepada bagian yang memang perlu. Misal, pake POV orang pertama saat kita pengen berbicara soal masalah emosi. POV orang ketiga saat kita banyak bernarasi..

Ehem, menurut saya sih... Hehe. Kalau pergantian dialog itu maksudnya gimana? O.o

Hush, my sweet.
These tornadoes are for you.

? RICHARD SIKEN ?


Quote
Like
Share

Cake F. Seiei
Honored Member
Cake F. Seiei
Honored Member
Joined: October 29th, 2009, 12:02 pm

January 7th, 2010, 2:58 pm #3

Seperti kata Evey, mungkin emang bener. Tapi ya tergantung authornya sih. Gimana cara mereka mengungkapkan perasaan tiap karakter itu. Kalo misal pake 3rd POV, dan anda ingin menampilkan emosi suatu chara secara 'lebih' mungkin baik pake 1st POV. Tapi kalo bisa mengungkapkan emosi chara cukup dengan 3rd POV, itu bukan masalah. Malah bagus
Tapi kalo 1st POV kayaknya itu cocok kalo mau ficnya didominasi oleh emosi dari karakter utama. Dan saya suka banget pake 1st POV XD


Bersahabat dengan peraturan, berarti Anda juga bersahabat dengan para staff ♥
Quote
Like
Share

DeathCode
Honored Member
DeathCode
Honored Member
Joined: November 29th, 2009, 2:15 pm

January 7th, 2010, 3:00 pm #4

@Batz: jyaha. mnurut w c lbih enak kalo cm pake 1 POV n ga ganti" kcuali emang perlu banget. kalo terlau sering dganti malah bingung bacanya, ribet, soalnya ganti" sdutu pandang orang mulu. apalagi kalo ganti dari msalnya 1st POV k 3rd POV. jyaduh. bingung.

n kalo mw ganti dialog, maksudnya ganti orang ngomong? kalo bsa c pindah paragraf jadi kliatan rapi. kekeke

msalnya

"Halo," sapa Mamori k Sena.

"Ha-halo juga, Kak Mamori!" jawab Sena tergagap.


gitu? ato w yg terlalu sotoy? soalnya w jg ga trlalu ngrti arti pertanyaan u yg soal ganti dialog c (*digetok*)








'The last enemy that shall be destroyed is DEATH' - James and Lily's headstone _J.K Rowling, Harry Potter and the Deathly Hallows page 268
Quote
Like
Share

Deimon_DevilBatz
Honored Member
Deimon_DevilBatz
Honored Member
Joined: January 5th, 2010, 1:14 am

January 7th, 2010, 3:01 pm #5

Thx alot y srannya

Qlo yg prgntian dialog tuh mksudnya khan krakter A ngmg biz tuh krakter B nanggepin, gmn y enaknya spya prgntian dialog kliatan n gak rbet

Thx b4


Cherished memories . . . Irreplaceable friends . . .
Quote
Like
Share

DeathCode
Honored Member
DeathCode
Honored Member
Joined: November 29th, 2009, 2:15 pm

January 7th, 2010, 3:02 pm #6

@Batz: yah diganti paragrafnya, kayak contoh yg w kasi di post w sbelom ini.. kalo w n Jo c byasa kayak gtu, mwahaha, jadi kliatannya rapi n ga ribet n orang bacanya jg enak. kekeke








'The last enemy that shall be destroyed is DEATH' - James and Lily's headstone _J.K Rowling, Harry Potter and the Deathly Hallows page 268
Quote
Like
Share

Cake F. Seiei
Honored Member
Cake F. Seiei
Honored Member
Joined: October 29th, 2009, 12:02 pm

January 7th, 2010, 3:14 pm #7

@Reaper: Mungkin maksudnya ganti dialog itu begini...

Saat ia berjalan di koridor, tanpa sengaja gadis itu melihat sang pujaan hati yang juga sedang berjalan. Terlebih lagi ke arahnya. Tak ayal, jantungnya berdegup kencang.

Miya's POV
Eh?! Ada Kin-senpai?! Ba- bagaimana ini? Uh, aku tak sanggup bertemu dengannya. Apalagi setelah insiden waktu itu. Apa yang harus kulakukan? Huaaaa!
End of Miya's POV

Mungkin gitu *sotoy mode*. Tapi kalo menurut saya, kalo 1 st POV yang diselipin cuma sedikit, kayaknya gak perlu pake tulisan pergantian POV. Soalnya kesannya nanggung banget gitu. Apalagi cuma separagraf XP *dibantai*

Kalo yang dimaksud nanggepin, ya kaya Reaper itu. Tinggal ganti paragraf aja. Dan jangan lupa setelah tanda petik pake huruf kapital


Bersahabat dengan peraturan, berarti Anda juga bersahabat dengan para staff ♥
Quote
Like
Share

DeathCode
Honored Member
DeathCode
Honored Member
Joined: November 29th, 2009, 2:15 pm

January 8th, 2010, 12:22 am #8

@Cake-san: err... mgkn emang kayak yg Cake-san contohin? kekeke. saya jg ga terlalu tw c kalo soal pergantian POV. soalnya kalo nulis fic saya biasa pake 1 POV terus sampe tamat. kalo msalnya dari awal tokoh utamanya misalnya Naoto, yah dari awal saya pake kalo ga 1st POV yah 3rd POV Naoto. kekeke.

soalnya saya juga bingung pergantian yg 'mulus' dari 1 POV k POV yg laen. n seinget saya, 3rd POV tuh ada skitar 2 macem ato 3 d, pas kamren bikin tugas inggris djelasin sama guru saya tp saya lupa smua -ditendang- ntar cb saya liat lg di buku ing saya. kekeke.

yah, intinya saya melas gonta-ganti POV -digebukin-

inti yg kdua, reply saya ga guna. maaf.








'The last enemy that shall be destroyed is DEATH' - James and Lily's headstone _J.K Rowling, Harry Potter and the Deathly Hallows page 268
Quote
Like
Share

Cake F. Seiei
Honored Member
Cake F. Seiei
Honored Member
Joined: October 29th, 2009, 12:02 pm

January 8th, 2010, 1:32 am #9

Iya. 3rd POV itu ada 2. Sudut pandang orang ke 3 serba tahu, sama sudut pandang orang ke 3 terarah. Kalo saya lebih suka pake 1st POV. Abisnya ribet ngejelasin semua chara. Apalagi saya lemah di diksi *ga ada yang tanya*


Bersahabat dengan peraturan, berarti Anda juga bersahabat dengan para staff ♥
Quote
Like
Share

Evey
Honored Member
Evey
Honored Member
Joined: September 17th, 2009, 1:24 am

January 8th, 2010, 1:38 am #10

Kalo mau ganti POV dari POV3 ke POV1 kayak yang dicontohin Kak Cake itu, daripada ditulis "Miya's POV"... menurut saya lebih simpel kalau kita italic kata-katanya. Itu juga udah menunjukkan pemikiran. Kalau saya sih gitu hehe

Hush, my sweet.
These tornadoes are for you.

? RICHARD SIKEN ?


Quote
Like
Share