Pendekatan apa yg Anda gunakan dlm menulis fanfic?
Yusa Haruna
Intermediate Member
Yusa Haruna
Intermediate Member
Joined: July 28th, 2009, 10:11 am

January 30th, 2010, 4:29 pm #91

Hm.. Sepertinya aku lebih ke karakter.. Aku paling payah dalam hal deskripsi (terutama latar tempat). Masalah diksi, aku lebih suka pake bahasa yang sederhana, makanya orang-orang bilang cerita-ceritaku tuh 'ringan'.
Kalo nulis cerita, terutama fanfic, yang biasanya aku lakuin tuh nentuin karakternya dulu, terus tentuin konflik berdasarkan sifat si karakter, baru deh pikirin deskripsinya belakangan. ^^;
My FFnet Profile |My Blog | My DA

君にないものは何もない、その手を伸ばすだけで。
遠いと感じてただけだよ。こんなに近くにあるのさ・・・
【幸せのありか~藤原祐規】
Quote
Like
Share

Cake F. Seiei
Honored Member
Cake F. Seiei
Honored Member
Joined: October 29th, 2009, 12:02 pm

February 7th, 2010, 12:59 pm #92

Emosi. Saya paling lemah sama diksi DX. Bikin fic gitu, selalu mengarah ke emosi. Entah pake 1st POV, 2nd POV, 3rd POV, semuanya menuju ke emosi. Susah banget pake diksi DX #gampar


Bersahabat dengan peraturan, berarti Anda juga bersahabat dengan para staff ♥
Quote
Like
Share

Neoratu
Honored Member
Neoratu
Honored Member
Joined: February 1st, 2010, 4:20 am

February 7th, 2010, 1:30 pm #93

Saya pake tiga2nya. Klo diksi, scara saya nulis dlm english saya biasanya minta bantuan guru besar alias kamus thesaurus xD
Quote
Like
Share

kuroliv
Honored Member
kuroliv
Honored Member
Joined: January 18th, 2010, 2:16 pm

March 7th, 2010, 2:01 pm #94

tergantung juga sih. saya kadang pake pendekatan diksi, tapi di fanfic yang lain pake pendekatan konflik. terus di yang lainnya lagi pake pendekatan karakter.
tapi kebanyakan di fanfict saya pake pendekatan diksi sih
I wonder, do you still r e m e m b e r?
The things that aren't always reflected in the eyes are important.




? newest fic: counterfactual. ?

{ thanks for the userbar, The Silver Frenzy. }
Quote
Like
Share

MooMoo
Intermediate Member
MooMoo
Intermediate Member
Joined: May 19th, 2008, 2:03 pm

March 8th, 2010, 9:37 am #95

TIGA-TIGANYA.

*dibekep karena sok*

ga ding... pendekatan diksi kayanya.
Quote
Like
Share

Hana Mizuno
Honored Member
Hana Mizuno
Honored Member
Joined: January 9th, 2010, 3:30 am

March 11th, 2010, 10:00 am #96

Saya lebih ke diksi, Sanich-san. Soalnya bawaannya udah ngejelasin terus. Tapi saya juga pernah pakai pendekatan karakter, meskipun diksi paling sering.

Mungkin, saya coba deh
It's under your pillow. It's getting dark there. It's her.
Words aren't the only way to tell someone how you feel.
-Tifa Lockhart-
Quote
Like
Share

V. Vichi L.
Honored Member
V. Vichi L.
Honored Member
Joined: December 24th, 2009, 9:14 am

April 20th, 2010, 2:25 pm #97

Kalau saya sih pendekatan deskripsi dan diksi. Soalnya saya banyak merangkai kata-katanya di sana. Gak tau kenapa, saya paling suka kalau udah deskrip-deskrip dan diksi-diksian. *apa dah*
Jadi gak heran kalau fic saya banyak deskrip dan diksinya. Kalau konflik sih jelas ada, tapi kayaknya gak ditonjolin juga. Terus kalo karakter, saya sih gak terlalu mikirin. Hehe. Asal tulis aja, tapi udah itu dibaca lagi dan dicocokin sama karakternya.

-----------------------------------------------------------------

-----------------------------------------------------------------
iWrite. iRead. iMagine.
(c) selfhaircuts@DA, Google, Deviantart

Quote
Like
Share

Bebobobo
Honored Member
Bebobobo
Honored Member
Joined: August 8th, 2010, 5:17 am

August 15th, 2010, 1:38 pm #98

Apaa..?
Hm, saya itu jarang nulis, -lhoh-
Saya baru menelorkan dua fic yang hampir-hampir aneh sama sekali..
Biasanya saya lebih senang buat fic collab dengan teman seperjuangan saya, thepoetry..
Dalam pembuatannya, peran saya adalah penyumbang ide gaje..
Jadi kalau saya buat kerangka fic nya, saat itu saya lebih suka menekankan ke konflik antar pemain..
Dan memang sepertinya saya lebih senang menggunakan pendekatan konflik dalam membuat sebuah ide menjadi sebuah fic.. :huh:
2PM
Proud to be part of HOTTEST

Fanfiction(dot)net : Bebobobo and Bountyvocca ][ Facebook ][ Twitter ][ DevianArt
Quote
Like
Share

sanna-chwan
Honored Member
sanna-chwan
Honored Member
Joined: June 10th, 2010, 7:18 am

August 16th, 2010, 6:35 am #99

Eh, apa ya?
Kyknya tergantung fanfic-nya deh. Ketiga-tiganya aku pakai bergantian.
Klo yg mengandung ketiga unsur tsb dalam 1 fic aku kurang tahu. Mungkin yg jumlah katanya agak panjang mengandung ketiganya.
Penulis aneh.
Kayaknya perlu nyodorin dulu ke kamu untuk memberi kesimpulan padaku, pendekatan apa yg aku pake hehehe...
Yg jelas semua mengalir bgitu az sih. Ga nyadar pendekatan apa yg aku pakai saat menulisnya.


"Two years we have been meeting under the azure sky, you promised you'd come back, Zack...."
"Two years we have been seperating under the starry sky, you promised you'd save me, Cloud..."

eleamaya's fanworks:
fanfict II fanvid II fanart II fansite
Quote
Like
Share

pala
Honored Member
pala
Honored Member
Joined: July 26th, 2010, 2:11 pm

August 16th, 2010, 6:46 am #100

nyumbang suara.
idem @^.
saya juga tak tahu pendekatan apa yg saya gunakan ke dalam fic. bisa jadi semua pendekatan saya gunakan. sebab saya pikir: yg penting tema tersampaikan&fic bisa dinikmati. jadi, saya gunakan diksi bagus utk membentuk suasana, karakterisasi mantab agar pembaca larut, konflik kuat utk menyampaikan tema. walaupun sebagian besar fic saya masih gaje
Quote
Like
Share