Menulis dari PoV tokoh yang berlainan gender dari penulis

Aquamarine
Honored Member
Aquamarine
Honored Member
Joined: June 23rd, 2009, 4:58 am

December 4th, 2010, 11:55 pm #1

Berhubung topik kemarin sepi sekale, huhu.
Let me bring this nu topic.

Yah. Menulis dari pov yang berbeda dari gender anda.
Misal anda perempuan, anda menulis dari pov pria.
Anda pria, menulis dari sudut pandang tokoh perempuan.

Adakah kesulitan yang kamu rasakan?
Ada tips dalam mengatasinya, mungkin?

Atau kamu penulis pria, ingin bagi-bagi pencerahan tentang bagaimana pria biasanya bertindak, berpikir, merasa. Pola umum pria.
Atau penulis cewek yang bisa bagi-bagi informasi gimana biasanya cewe bertindak, berpikir.


Tentu saja ga mutlak banget, karena masing2 tokoh bisa saja beda walau gender-nya sama.
Hanya sekedar yang umum.

Silakan ( thread starter udah pusing duluan)
Could find me on FFnet
Wordpress

Ev'rything comes and goes.
Beneath everything, Ai.

Quote
Like
Share

aRaRaNcHa
Honored Member
aRaRaNcHa
Honored Member
Joined: May 27th, 2010, 2:24 pm

December 24th, 2010, 2:16 am #2

Oh, saya mengerti!
Jadi misalnya saya kan perempuan, trus nulis dengan 1st POV karakter Sasuke?
Simple saja, saya biasanya bertanya pada teman2 cowok saya bagaimana seorang cowok 'cool' bersikap.
Alhasil nggak ada kesulitan berarti sih.
Hehehehe... :3
Atau, kayak memperdalam karakter itu saja, dan bayangkan kalau kita itu 'dia'! :3

Avasig is not mine.
Quote
Like
Share

himura kyou
Honored Member
himura kyou
Honored Member
Joined: January 18th, 2009, 7:44 am

December 24th, 2010, 3:07 am #3

kebetulan Deidara muka dan sifatnya kayak cewe lagi pms *apalagi ada Tobi di sisinya* jadi gampang ngebayangin diri jadi beliaw waktu nulis fic /plak.
.
..mungkin karena fic2 saia yang pake PoV cowo ga bergenre romens, jadi saia ga tlalu memusingkan gimanagimananya cowo berpikir dan bertindak secara cowo, mungkin lebih ke sifat2 umum manusia setres yang bisa diaplikasikan baik ke cewe cowo maupun waria hahah sotoy yay
Quote
Like
Share

taskebab
Intermediate Member
taskebab
Intermediate Member
Joined: November 21st, 2010, 5:45 am

December 24th, 2010, 6:11 am #4

Saya sih secara umum ga ada kesulitan, secara saya kalau bikin puisi dari sudut pandang prianya (romance) dan orang ketiga. Cuma penghayatannya aja mungkin yang kurang jelas.
Peace cannot be kept by force, it can only be achieved by understanding.
[/url][/center]

Quote
Like
Share

niedlichta
Honored Member
niedlichta
Honored Member
Joined: February 4th, 2010, 1:20 pm

December 24th, 2010, 6:57 am #5

Ah... *ngelirik fic humor gaje punya sendiri dengan pov Naruto*

Kalo Tama ga terlalu mikir ke laki-laki atau perempuannya, tapi lebih ke tokohnya. Walau kemaren sih waktu nulis, sedikit meriset juga gimana keadaan seseorang waktu ditempatkan ke kejadian kayak gitu--soalnya keadaannya Naruto ada di forum mirip-mirip Infantrum, jadi gampang merisetnya. :P
/tabok-ed

Tapi kalo feelnya, mungkin karena saya agak ngaco juga, rasanya agak gak dapet deh.


They told us that you caused me pain. To me, pain was caused by our bond.
And I've decided to take it by my concern.

Facebook-Fanfiction
Quote
Like
Share

Silent Afterglow
Honored Member
Silent Afterglow
Honored Member
Joined: December 23rd, 2010, 9:52 am

December 24th, 2010, 8:14 am #6

Saya ngga ada kesulitan kok mainin 1st PoV char cowok.
Tapi saya, biasanya nulis cerita itu dari dua sudut pandang, jadi intinya saya ngga ada masalah.
"I will shoulder the burden."
~Kain Highwind, Dissidia [012] Final Fantasy~


♪|♪|♪|♪|



Peraturan ada bukan untuk jadi pajangan. Mohon ditaati.
Ini, ini, dan ini juga bukan pajangan.
avasig (c) me
Quote
Like
Share

sylviolin
Honored Member
sylviolin
Honored Member
Joined: October 9th, 2010, 7:13 pm

December 25th, 2010, 1:46 am #7

a-aku malah belum pernah nulis dari POV seorang cewek ;__;
biasanya nulis POV cowok (kalo orang pertama atau kedua).
atau suka juga pake POV serba tahu.

dan sejauh ini, selama karakterisasinya bisa kudalami (walaupun gak dalem" banget sih huhu), lancar" aja kook! :D
walaupun terkadang agak susah memilih kata" buat dialognya sih -___-a <-- trus apanya yg lancar -_-
Quote
Like
Share

suzu
Honored Member
suzu
Honored Member
Joined: September 20th, 2009, 7:59 am

December 27th, 2010, 1:37 pm #8

hm... kalo dipikir-pikir, PoV cowok yang selama ini sudah berhasil saya buat itu...

1) PoV-nya Minato (P3), berhubung saya cuma ngangkat soal kenyataan ini itu dll dsb jadi nggak susah.
2) PoV-nya Koromaru (P3), ...Koro-kun itu anjing, jadi saya ga tau deh itu sudah bener apa ngga.
3) PoV-nya Zelkova (.hack//G.U.) berhubung Zelkova adalah anak yang baik lagi manis, jadi ga susah menangkap karakternya.

...okelah, kayaknya ngga ada yang bener deh.
mungkin susah juga, soalnya jalan pikiran cewek sama cowok kan beda. tapi kalo saya lagi iseng coba-coba bikin fic pake PoV cowok, biasanya ngebayangin kalo misal cowok diginiin tuh gimana, sensi cowok itu seberapa, cowok macem ini kalo dibeginikan blablbalba dan cowok macem itu kalau dibegitukan yada yada yada. atau ngambil contoh sifat cowok (contoh paling dekat: kakak), jadi dari situlah ngebayanginnya :D
"Aku sudah lelah dengan semua ini."
- Furihata Kouki, 16 tahun, mengenai keposesifan Akashi

/udah
Quote
Like
Share

frau.amsterdam
Honored Member
frau.amsterdam
Honored Member
Joined: April 25th, 2010, 6:46 am

December 27th, 2010, 2:05 pm #9

Ahaha, sering tuh saya karena saya itu orangnya manly banget (padahal saya cowok) dari POV-nya Severus Snape, Arthur Kirkland, Mathias Kohler/Denmark, Berwald Oxenstierna/Sweden, dsb.

Tapi sekalinya gw marah pernah juga bikin POV Fem!Finland, gw jarang bikin melankolis kayak gitu sih ._,
Quote
Like
Share

Mitoia Roux G.
Honored Member
Mitoia Roux G.
Honored Member
Joined: October 21st, 2007, 4:45 am

December 27th, 2010, 2:34 pm #10

ngomong2 saya pernah bikin fanfic pake POV yg berlainan gender, Kyon dari Suzumiya Haruhi no Yuutsu.
dan karena Kyon itu tokoh yg apa adanya dalam mengungkapkan kesehariannya, penulisannya jadi lebih gampang.

well, menurut saya bikin PoV lelaki lebih menyenangkan buat saya, karena bahasanya cenderung cuek dan apa adanya. sedangkan PoV perempuan lebih gampang buat mengeksplor keindahan bahasa.

masing2 ada kurang dan lebihnya sih menurut saya.
Love is evil, evil is laugh. Love is laugh


children better go sleep~

Fanfiction.net | DeviantArt
Quote
Like
Share