ambudaff
Honored Member
ambudaff
Honored Member
Joined: December 7th, 2007, 3:46 am

December 14th, 2011, 6:18 am #21

...baru liat pertanyaannya neolavender ...

Kalau di fandom Harry Potter, EWE itu artinya: 'Epilogue? What Epilogue?' buat orang-orang yang ga puas dengan akhir buku 7, dan membuat fanfic sendiri. Biasanya Severus Snape masih hidup, atau Draco jadian dengan Hermione, pokoknya ending yang diinginkan oleh penulis... Nggak tahu kalau di fandom lain...
Alex Rowe - Kang Mae - Severus Snape
Quote
Like
Share

dimlightcious
Premium Member
dimlightcious
Premium Member
Joined: December 24th, 2011, 7:14 pm

January 7th, 2012, 10:19 am #22

Istilahnya ternyata banyak banget, yaaa Saya sendiri cuma tahu beberapa aja *dasar author nggak guna*

Makasih banget buat infonya! Sangat membantu! Kadang saya sendiri bingung saat mau nentuin AR/AT...
Akhirnya masalah terselesaikan jugaa!

"You defied me to the very end. But I shall forgive you. Some things are beautiful because they cannot be obtained."
Arturia Pendragon (Saber), Gilgamesh (Archer) - TYPE-MOON


twitter | facebook | fanfiction
Quote
Like
Share

Beatrixmalf
Honored Member
Beatrixmalf
Honored Member
Joined: October 21st, 2011, 10:43 am

March 25th, 2012, 3:07 pm #23

Terima kasih atas infonya! sangat membantuu!

Tapi jujur, masih ada beberapa istilah yang gak saya temuin disini ya?

Engg... kalau 'prompt' itu artinya apa ya? Lalu genre yang merujuk ke drama, saya masih bingung apa bedanya sama romance

Tolong dijawab yaaa bagi yang tahu
Who's me? ASK Ravenclaw.
Who's Infantrum? JUST click that.


Quote
Like
Share

Giselle Gionne
Honored Member
Giselle Gionne
Honored Member
Joined: March 29th, 2012, 1:36 am

April 5th, 2012, 2:02 am #24

fariacchi wrote:Baru sadar. Di kamus tidak ada penjelasan definitif untuk genre Spiritual yah? Ada yang bisa memberi definisi?
Umm, saya coba jawab, ya.

Spiritual itu berkaitan dengan tekanan batin seorang tokoh hingga menyebabkan masalah psikologis ataupun munculnya ilusi-ilusi mengenai keinginan seorang tokoh yang tak bisa dipenuhi.

Contoh: Sakura sangat mencintai Sasuke, tapi Sasuke sudah meninggal. Namun Sakura dikisahkan tetap berlaku bahagia, senang, dan berakting seolah Sasuke ada disisinya, padahal tidak.

Contoh kedua: Seorang tokoh 'bayangan'. Seperti; Sasuke mencintai seorang wanita bernama Sakura. Gadis itu sangat ceria, juga manis dan unik. Sakura kerap hadir di dalam hidup Sasuke. Namun, sesungguhnya Sakura itu hanya gadis imajinasi Sasuke saja.

Contoh lainnya lagi: Seorang gadis me reminiscence mengenai masa lalunya dengan seorang pria, misalkan. pria itu kerap mengiriminya surat, dan ingin sekali surat itu dibalas oleh sang gadis. Namun, sebanyak dan seindah apapun rangkaian kata yang gadis itu tuangkan di dalam suratnya untuk sang lelaki, semua akan menjadi percuma. Karena lelaki tersebut sudah tidak ada. Genre ini bisa dipertegas dengan kalimat 'Aku memperhatikan kotak suratku dan seluruh amplopnya berubah warna menjadi lusuh. Helaan nafas berat menguar. Mendadak sekelilingku kembali sunyi. Tidak ada lagi orang-orang yang tengah memperhatikan kembang api. Kotak surat ini selalu mengingatkanku pada hari itu, hari dimana aku bertemu dengan Tyronn untuk yang terakhir kalinya. Kira-kira, sudah berapa lama waktu berselang semenjak itu? Amplop surat yang ia kirimkan tak pernah kubaca, karena jika aku membaca dan membalas surat tersebut, ia takkan menjawabnya.'

jadi, singkatnya, spiritual itu mengenai alam bawah sadar dan masalah psikologis maupun imajinasi yang tumpah seperti realita.
In the end...
...nothing's really changed.


Quote
Like
Share

Magma Maiden
Honored Member
Magma Maiden
Honored Member
Joined: August 10th, 2011, 6:58 am

April 13th, 2012, 8:15 am #25

ada yang bisa membantu soal pengelompokan fanfic berdasarkan jumlah katanya?

setahuku ada drabble (100 kata), vignette, ficlet, minific, dan lain-lain... tapi masih bingung yang mana yang lebih banyak jumlah katanya dan mana yang lebih sedikit dan mana yang asdjhdshgjdhfsjh...

*pingsan*
Quote
Like
Share

Neng Tya
Honored Member
Neng Tya
Honored Member
Joined: October 31st, 2011, 1:00 pm

April 17th, 2012, 10:53 am #26

Beatrixmalf wrote:Engg... kalau 'prompt' itu artinya apa ya?
Prompt itu ... sebuah/beberapa kata yang kamu "tonjolkan" dalam karyamu (entah itu fanfic/orific/fanart/apapun itu), baik secara tersurat atau tersirat. Mirip tema, tapi prompt ini lebih spesifik dari tema (tapi bukan berarti menjadi judul karyamu juga).

Ada yang bisa mengoreksi jawaban saya ini?
Quote
Like
Share

kangyeongsuk
Premium Member
kangyeongsuk
Premium Member
Joined: July 15th, 2011, 7:26 am

April 18th, 2012, 1:46 pm #27

nnh, terimakasih sekali, tret ini sangat membantu

hanya ingin menanyakan lebih lanjut...lurker itu sama silent reader beda ya? saya bingung bedainnya soalnya hehe
~kangyeongsuk :3
Quote
Like
Share

Giselle Gionne
Honored Member
Giselle Gionne
Honored Member
Joined: March 29th, 2012, 1:36 am

April 18th, 2012, 2:09 pm #28

^ saya coba bantu ya...

Untuk lurker, setau saya itu org yg bisa ngasih kontribusi berupa desain grafis untuk mempercantik layout seseorang dengan editan siggy, ava, banner, dan lain-lain. Ini sih karena di forum lain posisi lurker sebagai para editor gambar. Tapi kalo arti lurker di FFn... krg tahu deh saya

Silent reader itu para pembaca fic tampa meninggalkan jejak berupa review
In the end...
...nothing's really changed.


Quote
Like
Share

aRaRaNcHa
Honored Member
aRaRaNcHa
Honored Member
Joined: May 27th, 2010, 2:24 pm

May 19th, 2012, 3:50 pm #29

Lagi dong, untuk tambahan istilahnya... aku mau tanya perbedaan dari istilah 'fanon', 'modified-canon', sama 'semi-canon' itu apa bedanya ya?
Terima kasih sebelumnya.

Avasig is not mine.
Quote
Like
Share

ambudaff
Honored Member
ambudaff
Honored Member
Joined: December 7th, 2007, 3:46 am

May 20th, 2012, 1:31 pm #30

wrote:Fanon is any element that is widely accepted among fans, but has little or no basis in canon.
Sometimes it's a small event in canon that gets exaggerated;sometimes it's something in a fanfic story that gets picked up on and repeated by other writers until it's so common that newbies might think it's a canonical fact.
Sumber: http://www.fanlore.org/wiki/Fanon
Modified canon, semi canon, itu istilahnya authors aja untuk menyebut bahwa fiksinya mengandung sebagian canon tapi sebagian lagi enggak, entah AU, AR, atau apalah...
Alex Rowe - Kang Mae - Severus Snape
Quote
Like
Share