Shia Zen
Honored Member
Shia Zen
Honored Member
Joined: October 4th, 2010, 12:34 pm

February 20th, 2012, 10:40 am #51

Ahahaha yang punya thread ngilang ditelan zaman :))

Semuanya bernasib sama sepertinya ohoho. Tp masalahnya bukan cuma meramaikan sih, orang biar ada yang baca doang aja susah =="
Terakhir saya ke fandom GANTZ, yang baca malah orang malaysia /dead
yaaah~ kalo emang fandom-nya dari seri ga terkenal ya mau gimana lagi /kuburdiri
"Sometimes... you make a mistake. You've got two choices: you live with it, or you fix it." ."
--Wolfgang (Sense8)



WARNING wrote:Don't click this.
Quote
Like
Share

KuroYuki
Intermediate Member
KuroYuki
Intermediate Member
Joined: September 27th, 2011, 4:49 am

February 20th, 2012, 1:23 pm #52

sebenernya aku malah ngga tau fandom game ECO itu terkenal apa kagak
dari perusahaan publishernya juga itu game udah ada gelagat di-anak tiriin soalnya orz
liat server thailand sama koreanya udah tutup, singapur malaysianya juga udah tutup, ngungsi ke server indonesia semua
di japannya udah 6 taon. di indo mulai masuk tahun ketiga. harusnya fandomnya udah cukup populer, apalagi itu game anime based alias banyak kerjasama bareng perusahaan anime
eh taunya kering kerontang dari indonesia doang isinya ;_;

tapi yang komentar fanficku ttp aja orangnya itu lagi itu lagi.
mending sih, sebulan dua bulan nambah satu pembaca, tapi komennya cuma
"wahahah, hebat cc. lucu. update lagi yah"
atau
"wah, aku ngga bisa tuh bikin fanfic kayak gitu"

*hening membisu menatapi fandom pinggiran*
Quote
Like
Share

Hiyori Kirishima
Premium Member
Hiyori Kirishima
Premium Member
Joined: December 2nd, 2011, 6:47 pm

February 24th, 2012, 4:54 pm #53

Aku juga pengen sih, ngeramein fandom pinggiran, macem Sekaiichi Hatsukoi. Tapi, apa boleh buat, virus WB sedang menjangkit :sleepy:
Quote
Like
Share

Deleted User
Deleted User

February 27th, 2012, 8:50 am #54

Mungkin dengan mengundang penulis yang sudah kenamaan dan memiliki banyak follower di ffn...

Heu, tapi gak jaminan juga sih... Gw juga pernah nongkrong di fandom supersepi... Final Fantasy Tactics Advance di ffnet.... jumlah total yang general (empat bahasa) ada 297 fics, sementara yang bahasa Indonesianya cuman dua bijay (itupun termasuk punya gwe satu)
Quote
Share

Neng Tya
Honored Member
Neng Tya
Honored Member
Joined: October 31st, 2011, 1:00 pm

February 27th, 2012, 2:21 pm #55

Menghuni fandom sepi itu nggak enak (pengecualian bila kita punya mental sekuat baja). Saya juga bingung gimana caranya biar fandom pinggiran itu bisa bangkit. Walaupun ada yang menyarankan, "publish fic banyak-banyak, promote sering-sering" tapi toh fic saya juga abal, siapa yang mau baca *pundung*
.
kalau memungkinkan, sebenarnya bisa aja kita mengumpulkan author yang ada di fandom sepi itu untuk bikin gebrakan, entah bikin event apa gitu. Tapi kalau author-nya masih satu atau dua orang doang (yang menulis di fandom bahasa indonesia) ya tetep aja sulit.
Quote
Like
Share

Giselle Gionne
Honored Member
Giselle Gionne
Honored Member
Joined: March 29th, 2012, 1:36 am

April 5th, 2012, 8:31 am #56

Ah, ya soal fandom-fandom sepi. :( *akhirnya ada juga tret seperti ini XD*

Saya setuju dengan Sekar-senpai. Hal itu bisa mendorong peminat untuk seenggaknya datang ke fandom yang di promosikan untuk sekedar baca-baca atau meninggalkan review, atau yang lebih bagus lagi ikut menulis bersamamu.

Selama ini, sih, cara yang saya lakukan untuk membangkitkan fandom pinggiran adalah dengan membuat komuniti di FFn, dan terus menulis di fandom tersebut. Kalau fic nya udh di post, saya kirim linknya ke LJ, Twitter maupun FB. *padahal gak ada yang baca*

Cara kedua, saya lagi berusaha untuk buka forum. Cuma saya nggak kuat juga ngurus sendiri. Saya kirim email konfirmasi ke beberapa author untuk jadi staff komuniti saya aja belum ada respon padahal udah seminggu lebih. :|
In the end...
...nothing's really changed.


Quote
Like
Share

Tsubaki
Intermediate Member
Tsubaki
Intermediate Member
Joined: September 15th, 2012, 3:08 pm

October 6th, 2012, 3:22 am #57

Huhu iya nih saya juga bingung gimana caranya T_T *penghuni fandom pinggiran*

Tapi kalo saya sendiri sih, tertarik meramaikan gara2 pas iseng cari2 fanfic di fandom tersebut, saya ketemu story yang bagus banget dan menggetarkan hati lebay Jadinya setelah namatin fic itu, saya jadi terinspirasi buat ngeramein tu fandom lagian kebetulan karakternya ganteng dengan menulis cerita disono :love:

Yang bikin saya happy, ada reviewer yang bilang kalo story saya bagus dan menginspirasi dia buat bikin story di fandom itu juga! Gimana saya ga seneng, ceileh serasa roda yang berputar gitu jadinya~ saling menginspirasi. Padahal fic saya abal, maklum story pertama, bagus dari mananya coba :sleeps:

Akhirnya tu reviewer beneran bikin story juga di fandom sepi itu, ahh saya senang sekali. Jadi kayaknya moral dari cerita ini #ehem, bikin cerita yang disukai pembaca, menekankan sifat karakternya tanpa OOC lebay, kayaknya bisa mengundang sedikit demi sedikit author baru di fandom sepi...ga yakin juga sih...maklum newbie
Quote
Like
Share

Apo
Premium Member
Apo
Premium Member
Joined: November 18th, 2008, 7:49 am

October 7th, 2012, 3:42 pm #58

Entah apa saat itu fandom Harpot itu bisa dibilang fandom sepi ya, tapi yang jelas saat gue gabung dulu fandom itu (yang bahasa Indonesia) masih sepi sekali. Apalagi panji pairing yang gue kibarkan (Dramione), sepi banget kaya kuburan. Dipandang remeh pula ("Ih, masa pairing itu? Aneh banget."). Fanfic di Rating M cuma ada 2 biji.

Saat itu gue nggak bisa menemukan sesama Dramioneshipper. Dunia terasa sepi sekali. Akhirnya gue mencoba menulis fanfic dengan motivasi, "Bacalah fanfic gue! Dramione itu pairing yang sangat potensial!" Dari fanfic tersebut, akhirnya gue kenal 1-2 orang yang akhirnya punya passion yang sama yang mau bantu bahu-membahu memasyarakatkan pairing tersebut. Kami membuat komunitas shipper, membuat blognya, mengumpulkan link semua fanfic bagus yang hot-recommended supaya orang lain bisa ikut menyelami indahnya pairing itu. Intinya adalah "cuci otak" para shipper newbie, haha.

Dari sana akhirnya juga kami bisa bertemu dengan penggemar-penggemar lainnya yang tadinya gue pikir nggak ada. Kata mereka, "Akhirnya gue nemu orang yang suka beginian juga! Gue kira cuma gue doang berjibaku di jalur ini." Nah, lama-kelamaan komunitas pairing itu rame deh.

Fanfiction: Dua Sisi ? COMPLETE:

Taste the forbidden. Adore the contradiction.
Draco-Hermioneship

Quote
Like
Share

Magma Maiden
Honored Member
Magma Maiden
Honored Member
Joined: August 10th, 2011, 6:58 am

October 8th, 2012, 3:08 am #59

Sedikit curcol perihal penghuni fandom sepi~

Lama berkubang di arsip Bahasa Indonesia fandom Silmarillion akhirnya mengundang perhatian penggemar dari negeri jiran. Karena kita cuma berdua di fandom itu, akhirnya fangirlingan lewat pm dan ngobrolin hal-hal seputar legendarium-nya prof Tolkien. Begitu dia nggak bales pm saya lagi, rasanya pun kembali sesepi kuburan.

Dunia yang berputar pun membawa saya ke fandom lain yang agak sedikit lebih rame dan lupa menengok nasib fic saya di fandom Silmarillion. Waktu saya tengok lagi ternyata Agustus kemarin ada yang review fic saya pakai bahasa Indonesia tanpa gugel trenslet--JENG JENG JENGGG! Ternyata dia orang Indonesia yang aktif di arsip bahasa Inggrisnya. Ente kemane ajeee ane dibiarin sendiriii~

Yang lebih mengagetkan lagi adalah ternyata domisilinya sama dengan saya...

Jadi moral dari curcol ini adalah, rajin-rajinlah nyambangin arsip bahasa Inggrisnya, siapa tahu ada author Indonesia yang punya sarang tersembunyi di luar negeri. Terus rayu-rayu deh buat meramaikan arsip tanah air~
Quote
Like
Share

Sky
Honored Member
Sky
Honored Member
Joined: October 17th, 2012, 4:49 am

February 22nd, 2013, 12:46 pm #60

wah, aku juga bingung sendiri gimana cara meramaikannya. aku juga salah satu penghuni fandom pinggiran, dan malahan waktu bikin crossover aku masih satu-satunya yang ngisi dalam versi bahasa Indonesianya.
Mungkin ya kita publish aja, diisi terus fandom tersebut. lama-lama penghuninya akan bertambah juga, soalnya mereka tertarik dengan tulisan kita dan ingin mencobanya sendiri. Itu sih saran aja
Quote
Like
Share