Collab?

rasyalleva
Premium Member
rasyalleva
Premium Member
Joined: July 15th, 2014, 1:26 pm

April 19th, 2015, 10:17 am #1

Halo! Aku mau tanya buat author-author fanfiction yang pernah atau tau soal collab; pembuatan fanfiksi lebih dari satu orang.

Itu gimana ya? Coba bagi pengalamannya. Membuatnya gimana? Per bagian per bagian, atau ada satu yang tugasnya mengedit alias beta reader? Apakah harus kopi darat dulu kalau bukan teman RL?

Maaf banyak tanya. Aku mengucapkan terimakasih banyak buat yang berkenan membalas

rasyalleva
Quote
Like
Share

Joined: October 19th, 2014, 4:29 am

April 19th, 2015, 5:30 pm #2

Aku pernah berkolaborasi dengan ayano27 dan Ichi Nightray.

Jujur aja, tentang bagian mana tugas ini itu sih tergantung keputusan kamu dan temen kamu itu. Aku dan ayano27 memikirkan plot keseluruhannya dulu dan aku bikin mayoritasnya tapi ayano27 jago fighting scene, jadi dia yang in charge dengan adegan pertarungan. sedangkan sama Ichi Nightray dulu 1 orang/chapter. chapter 1 dan 2 aku yang bikin sedangkan chapter 3 dan 4 dia yang bikin (dan seterusnya)

Kopi darat itu apa? Ichi Nightray dan Ayano27 itu temen dumay kok. Temen se-fandom dan jadi deket. Sebelum collab, coba akrab dulu ama orangnya dan jangan kayak baru 1 jam berteman. Aku pernah menyesal dan inggrisnya beneran lebih hancur daripada aku dan dia tipenya maksa. Mendingan lihat dulu orangnya kayak gimana, kalo kamu nyaman ama dia, baru ajak collab

semoga aku menjawab pertanyaanmu. Kalo ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya~
Quote
Like
Share

rasyalleva
Premium Member
rasyalleva
Premium Member
Joined: July 15th, 2014, 1:26 pm

April 25th, 2015, 3:19 pm #3

Makasih sudah bagi pengalamannya, rhapsodysiscaa-san ^o^

Kopi darat itu ketemuan secara langsung di dunia nyata, buat temen-temen yang kamu kenal di dunia maya. Kupikir bingung gimana cara nentuin pembagiannya, karena aku blm pernah collab, hehe. Takutnya ada rasa gak sreg gitu. Jadi maksudku kopi darat itu kita janjian ketemuan di dunia nyata demi bahas fic collab nya.. ternyata nggak seribet itu ya?

Waah, oke. Makasih banyak sarannya :')

Kaori

rasyalleva
Quote
Like
Share

Joined: October 19th, 2014, 4:29 am

May 1st, 2015, 2:43 pm #4

Jujur aja, selama ini sih nggak ada masalah apa-apa. Aku dan Ichi Nightray ataupun ayano27 nggak pernah ketemuan di dunia nyata. Kurasa sih yang penting kamu deket aja ama orangnya dan nyaman ama dia. Itu aja sih



Ganbatte, Kaori! Pasti kamu bisa kok!
Quote
Like
Share

revabhipraya
Honored Member
revabhipraya
Honored Member
Joined: August 16th, 2015, 11:22 pm

October 30th, 2015, 1:56 am #5

soal collab, Rey pernah buat fanfic collab sama temen Rey yang kenal di twitter :3 dia bukan penulis dan gak biasa nulis, jadi dia lebih banyak bikin plot dan nentuin fandom (karena kita buat crossover) daripada Rey.

Waktu collab, Rey yang buat starter-nya (karena Rey nggak menguasai anime yang satu lagi) setelah itu dia lanjutkan setengahnya. Akhirnya, Rey juga ikut nyumbang ide cerita sambil nulis dan ngedit. Bagian dia adalah memastikan kalo apa yang Rey tulis itu gak keluar dari anime aslinya. Simpulannya, collab itu gak mesti gantian nulis, nulis sama-sama, plot bersama, atau gimanapun. Collab itu gimana nyamannya kamu sama orang yang kamu ajak collab. Keputusan ada di tangan kalian mau keduanya sama-sama nulis, mau gantian nulis, mau yang satu ngusul plot yang satu nulis, itu bebas aja~

oya, fanfiksi collab Rey bisa diliat di sini~

semangat collab!!
revabhipraya
FFn | AO3 | dA | wp | WP
Quote
Like
Share

keumcchi
Premium Member
keumcchi
Premium Member
Joined: January 1st, 2016, 3:40 am

January 9th, 2016, 8:01 am #6

Menurut saya sih, collab itu nggak sebatas semuanya harus nulis, harus ketemuan dulu, dll. Ibaratnya, sesuai kesepakatan kalian aja.

Saya sendiri pernah nyobain 3 model collab yang berbeda:

1. Collab Multichapter sama temen RL. Plot dipikirkan bersama. Kami gantian bikin tiap chapter. Misal, dia chapter 1, saya chapter 2, dia chapter 3, dst. Editor sama beta-readernya dia soalnya waktu itu saya belum tau dunia FFN. Kampretnya sih, pernah tuh chapter saya diremake sama dia gegara komedinya terlalu jayus.

2. Collab Oneshot sama temen twitter. Plot dipikirkan bersama. Bagian awal saya yang bikin, setengahnya lagi dilanjutin temen, lalu saya juga merangkap beta-reader sekaligur editor. Dan kami nggak pake acara ketemuan karena saya tinggal di Depok dan dia di Medan gimana ketemunya....

3. Collab sama temen twitter. Masing-masing wajib nulis 500words nggak lebih nggak kurang. Kami berlima nggak bikin plot sama sekali, jadi genre dan alur cerita terserah opening author, selanjutnya juga terserah mau diapain. Paling yang paling ngenes si ending author, dia harus bisa hikin ending dalam 500words.
Fanfiction | Archive Of Our Own | Instagram
Personal Blog | DeviantArt

"I write in present about past for future." - Rufin Dhi
Quote
Like
Share