Author-author Bebal =_=

Sanich Iyonni
Honored Member
Sanich Iyonni
Honored Member
Joined: June 1st, 2009, 8:09 am

November 29th, 2009, 4:06 pm #1

Saya bikin thread ini agar kita bisa saling berbagi cerita dan saling kasih masukan tentang cara menghadapi author-author bebal.

Saya mau berbagi cerita yang pertama.

Author ini, sebutlah V, orang Malaysia, cewek, berumur 17 tahun. Dia udah nulis 50an fanfic dan semuanya dalam bahasa Inggris dan SEMUA GRAMMAR-NYA SANGAT ANCUR.

Ancur di sini adalah ancur yang... yah, ancur--saya cukup percaya author-author di sini bisa berbahasa Inggris lebih baik. Tenses-nya nggak beraturan banget.

Saya kenal dia di sebuah fandom yang saya geluti. Saya pernah baca fanficnya, karena tertarik melihat dia orang Malaysia. Ketemu orang serumpun di fandom berbahasa Inggris pasti rasanya beda kan?

Tapi saya sweatdrop habis-habisan membaca fanfic dia. Grammar-nya ancur, ceritanya aneh, gaya penulisannya aneh. Ya udah. Saya nggak melanjutkan membaca fanficnya.

Lama kemudian, dia me-review fanfic saya. Mungkin dia senang juga nemu orang Indonesia di fandom itu. Dia minta saya review fanfic dia.

Dari fanficnya yang udah berjumlah 50an itu, saya pilih satu. Tetep bikin sweatdrop. Tapi saya review sehalus mungkin--saya nggak menyinggung soal grammar atau keanehan ceritanya.

Lalu saya liat fanfic-fanficnya yang lain. Hampir semuanya songfic; ada juga yang make lagu Indonesia (fanfic yang saya review pun memakai lagu Laskar Pelangi). Dan yang bikin saya sweatdrop lebih banyak, dia me-review semua fanficnya sendiri.

=_=

Fanfic-fanficnya memang sepi review, jadi dia me-review semuanya sendiri. Haduh, sumpah deh, saya nggak habis pikir.

Setelah itu, saya dan dia nggak berhubungan lagi. Saya jarang ke fandom itu lagi. Tapi beberapa hari lalu saya publish fic untuk fandom tersebut, dan hari ini dia me-review fanfic saya. Sambil nyuruh saya baca fanficnya lagi.

Saya males banget baca fanfic dia, tapi karena merasa hutang budi--lagian nggak enak juga, sesama orang Melayu. Saya klik profilnya dan saya kaget ngeliat dia jadi beta reader. Saya cari fanfic yang dia suruh saya baca. Saya liat review-nya dan melihat banyak flame--mulai dari yang kasar sampe yang halus. Semua mengomentari grammar dan keanehan ceritanya.

Saya nggak baca fanfic itu, cuma memindai. Tapi lumayan dapet intinya. Lalu saya review; saya kasih semangat bahwa reviewers yang lain nggak bermaksud buruk ke dia. Saya kasih sedikit masukan tentang grammar.

Dan dia me-rere. Dalam rere-nya, dia bilang (pake English), "Kamu nggak sabar pengen baca fanfic saya yang lain ya? Sebentar lagi saya publish, rate M untuk violence dan language. Karakternya si ini, kamu suka dia kan?"

OH.
MY.
GOD.

Saya bener-bener angkat tangan. Gimana menghadapinya ya...??? Saya nggak tahan baca fanficnya, dan nggak tega review yang pedes banget ke dia. Tapi kalo kayak begitu, saya bisa di-PM-in dia terus!

Tapi kalo saya biarkan aja, kasihan juga sih...

Gimana ya menghadapinya? Apa yang harus saya lakukan untuk menghadapi author bebal nan kepedean kayak dia? Sekadar info, di profilnya dia nulis bahwa IQ-nya 96.

Maaf jadi terkesan curhat panjang. Tapi saya betul-betul butuh saran untuk menghadapi author bebal semacam dia. Senpai-tachi juga silakan aja berbagi pengalaman mengenai author bebal yang pernah merepotkan. Makasih~
Mohon patuhi peraturan Infantrum demi kenyamanan kita bersama.
Quote
Like
Share

Snow Jou
Honored Member
Snow Jou
Honored Member
Joined: September 25th, 2009, 4:17 pm

November 29th, 2009, 4:20 pm #2

Oh... err... belom pernah ketemu yg kayak gitu -__-" (fandom MegaTen damai, yeaahh D: -OOT-)

Walopun terima banyak flame, dia terus nulis dan kualitasnya ga naik sama sekali? -__-" ada aja yang kayak gitu... err... jangan"... (ini jangan" loh) dia ngereview cerita Sanich-san gara" dia pengen dapet review lagi?? D: walah walah... mungkin gangguan jiwa? -dihajar V- err... berhenti mereview ficnya? ato kayaknya dia ga peduli flame orang, sanich-san kasih kritikan halus aja... tapi ga usah dibaca... liat sekilas aja, kayaknya pasti banyak yg bisa dikritik... -saran ngasal dan ga mutu-

Hiah... ga jago yg beginian... tungguin reply yg lain aja deeh~ xDD -digorok-

"I will never leave you, for your soul is lonely, and my love is true for you"

FFn | collab: here and here

Quote
Like
Share

Sanich Iyonni
Honored Member
Sanich Iyonni
Honored Member
Joined: June 1st, 2009, 8:09 am

November 29th, 2009, 4:50 pm #3

Huhuhu... T_T
Mungkin memang seperti yang Jo-san bilang ya? Dia pengen dapet review dari orang lain (bukan dari dirinya sendiri melulu)

Yah... tapi dia memang sangat amat bebal. Atau saya mikirnya, entah dia ngerti atau nggak segala flame yang ditujukan padanya itu -_-;; soalnya yang ngasih flame itu kan orang-orang dengan bahasa Inggris sebagai mother language.

Saya berterimakasih karena Jo-san peduli... saya udah angkat tangan deh menghadapi si V. Bersyukurlah Jo-san nggak pernah mengalami ini T_T
Mohon patuhi peraturan Infantrum demi kenyamanan kita bersama.
Quote
Like
Share

Kencana
Honored Member
Kencana
Honored Member
Joined: April 19th, 2008, 7:40 am

November 29th, 2009, 5:12 pm #4

Errr... jarang lho ada orang Malaysia yang gak bisa bahasa Inggris.

Untuk orang kayak gini, mending ditegasin aja. Kalo dia ngamuk atau sedih, ya apa boleh buat. Demi kebaikannya. Toh nggak akan ngaruh.*ditimpuk*

Semoga Sanich bisa ngatasi masalah ini.

Current addiction....

Fanfiction I [url=http://kencana_kencana.livejournal.com]Livejournal[/url] I Icons
Quote
Like
Share

Sanich Iyonni
Honored Member
Sanich Iyonni
Honored Member
Joined: June 1st, 2009, 8:09 am

November 29th, 2009, 7:59 pm #5

Harus ditegasi? Iya sih...tapi gimana caranya ya? (ke orang bebal kayak dia)

Nah saya juga heran, kok dia bahasa Inggris-nya kayak begitu. Padahal dia bilang dia mendapat nilai tertinggi di kelasnya.
-_-

Makin bingung kan?
Mohon patuhi peraturan Infantrum demi kenyamanan kita bersama.
Quote
Like
Share

Cake F. Seiei
Honored Member
Cake F. Seiei
Honored Member
Joined: October 29th, 2009, 12:02 pm

November 29th, 2009, 10:24 pm #6

Ya bilangin aja kalo grammar dia ga karu2an. Trus coba diingetin pelan2. Kalo tetep dan ga berubah, ya udah diemin aja.
Saya juga ada pengalaman sama author rese. Dia mengcopy fic saya dan copy annya jadi ancur *curcol**dibakar*


Bersahabat dengan peraturan, berarti Anda juga bersahabat dengan para staff ♥
Quote
Like
Share

Sanich Iyonni
Honored Member
Sanich Iyonni
Honored Member
Joined: June 1st, 2009, 8:09 am

November 29th, 2009, 11:23 pm #7

Mmm.
Saya nggak tega juga sama dia, Cake-san. Jadi kalo didiemin rasanya kasian juga. Ada yang nulis di review dia kayak gini, "Kamu me-review fic sendiri lagi? Hentikan itu. Itu menyedihkan."

~_~

Entah apa rere dia untuk orang tsb. (tapi dia kalo me-rere mah nggak pernah nyambung sama isi review-nya)

Cake-san juga cerita aja tentang author rese itu. Saya kan bikin thread ini untuk berbagi agar kita bisa saling nyari jalan keluar untuk menghadapi author-author bebal nan rese kayak begono.
Mohon patuhi peraturan Infantrum demi kenyamanan kita bersama.
Quote
Like
Share

Aquamarine
Honored Member
Aquamarine
Honored Member
Joined: June 23rd, 2009, 4:58 am

November 30th, 2009, 1:44 am #8

Rr...

Masalah grammar ya,
Waktu publish fic Inggris kurang lebih setengah tahun yang lalu saya juga bermasalah di grammar T.T ancur.
karena udah saya hapus semua jadi ga masalah Xp

Hmm...
Masalah dia jadi beta n ngeripyu fic sendiri itu hak makhluk hidup, hehe. Walaupun agak aneh mengingat kondisinya yang katanya grammar~na ancur. Mungkin dia bisa ngebeta dari segi alur, karakterisasi. Who knows?

Biasa aja hadepinnya, Sanich.
Kalo Sanich mau baca, baca.
Kalo lagi ga mau, ga usah baca.
Lakuin yang Sanich mau.

Anggaplah ngasih saran ke dia dengan jujur namun tetap sopan sebagai penambahan pahala
siapa tahu di kemudian hari grammar~nya akan lebih baik.

Menurut saya dia tidak bebal.
Mungkin hanya sedikit narsis n perlu belajar lebih banyak lagi.

Semua author perlu belajar.
Could find me on FFnet
Wordpress

Ev'rything comes and goes.
Beneath everything, Ai.

Quote
Like
Share

shireishou
Honored Member
shireishou
Honored Member
Joined: January 7th, 2009, 9:58 am

November 30th, 2009, 2:05 am #9

tegas say
kalau ga ditegasin org kayak gitu ga bakal ngerti
maybedia anggap smua cuman 'becandaan'
jd ga dianggap
susah jg
aku blm prnah menghadapi yg seperti itu --;
FanFiction.NET ku|| DeviantArt ku || Certified Authors Thread
ONE STEP.... Komikku yang diterbitkan Elex 2011 - Slice of LIfe
Quote
Like
Share

Cake F. Seiei
Honored Member
Cake F. Seiei
Honored Member
Joined: October 29th, 2009, 12:02 pm

November 30th, 2009, 3:09 am #10

Awalnya mungkin ga enak ya kalo ga di review. Tapi kalo emang kita udah ngasih concrit sebelumnya dan ternyata dia masih ga berubah, ya udah mau diapain lagi?
.
Um gini, saya kan nulis di fandom yang agak kurang terkenal. Nah waktu itu fic saya jadi fic indo pertama yang dipublish di fandom itu. Trus beberapa bulan, ada yang ngeadd FB saya. Nah saya lihat, dia post note dari hasil copas dari fic saya. Saya maklum dan diem aja, karena dia masih cantumin pen name saya di situ. Trus lain waktu, saya baca stat FB dia yang bilang dia baru publish fic di fandom itu. Saya iseng baca. Dari summary aja udah ga enak. Dia nulis "Ga boleh ada yang mengcopy tanpa izin lewat review". Saya penasaran. Se-menarik apakah ficnya? Setelah saya buka dan baca sekaligus mengernyitkan dahi berkali2, jadi panas sendiri. Dalam hati saya bilang, "lah? Ini kan fic ku?" ceritanya persis. Cuma lebih *gomen* ancur. EYD berantakan, bahkan nemu tanda petik aja nggak. Udah gitu kebanyakan ceritanya di skip.
Trus saya cerita ke teman saya. Saya bilang, "apa di flame aja?" dia malah jawab, "jangan deh. Kasihan dia." saya jadi bingung sendiri. Ya sudah saya biarkan akhirnya.
Trus, kemarin saya iseng buka lagi, story nya ga ada perubahan. Cuma bagian akhir fic ada yang diubah. Tapi sama aja, saya tetep ngerasa tersinggung karena dia dengan seenak udel copas fic saya. Akhirnya saya beraniin flame dia pake anonimous review. Entah dia baca atau nggak. Saya kesel sama dia. Di fandom itu jadi sedikit *gomen* ternoda sama fic nya. Fic nya ada 3 di fandom itu dan semuanya berantakan. Harus diapain kira2?


Bersahabat dengan peraturan, berarti Anda juga bersahabat dengan para staff ♥
Quote
Like
Share