Rules and Agreement

Joined: June 19th, 2012, 8:46 am

June 22nd, 2012, 11:25 pm #1

General Rules and Agreement
KETENTUAN UMUM YANG BERLAKU BAGI SEMUA ANGGOTA FSSH
Harap diingat bahwa peraturan ini berlaku secara umum dan tanpa kecuali. Siapapun kalian, apapun jabatan kalian, seberapapun kalian mengenal staf FSSH, tidak akan ada pengecualian ataupun dispensasi khusus jika terjadi pelanggaran. Pelanggaran hanya akan diberikan peringatan satu kali sebelum dilakukan tindakan tegas berupa ban karakter permanen sampai dengan ban IP permanen tergantung pada seberapa berat kesalahan seseorang. Pastikan kalian membaca seluruh post dalam topik ini agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.
  1. Forum Sekolah Sihir Hogwarts (FSSH) merupakan forum role play yang berbasis kehidupan sekolah. Anggota forum akan bermain sebagai karakter maka segala masalah atau konflik saat melakukan permainan, diharuskan hanya terjadi sebagai karakter juga. Jika terjadi keributan di luar itu (antar anggota) dihimbau untuk menyelesaikannya di luar Forum Sekolah Sihir Hogwarts tanpa melibatkan anggota maupun staf lain yang tidak ada sangkut pautnya demi kenyamanan bersama.
  2. Dilarang keras melakukan posting berisi maupun mengandung link menuju gambar maupun tulisan yang menyinggung SARA, pornografi, dan adegan kekerasan eksplisit mengingat forum ini memiliki rating 13+. Pelanggaran untuk kasus ini tidak akan mendapatkan peringatan apapun karena pihak staf menganggap bahwa siapa saja yang telah menyatakan sudah membaca peraturan, akan tahu benar bentuk seperti apa yang dilarang. Maka kami akan menganggap pelanggaran tersebut bersifat disengaja dan tak perlu peringatan untuk ban karakter permanen.
  3. Semua anggota Forum Sekolah Sihir Hogwarts dituntut untuk belajar saling menghormati pendapat orang lain, baik itu staf ataupun sesama anggota. Post di board forum yang berbau flame, trolling atau kasar (tentunya yang dimaksudkan out-character) dan menyinggung anggota forum lain akan mendapatkan peringatan satu kali untuk meng-edit atau meminta penghapusan post yang dibuat. Jika tidak ada tindakan dalam batas waktu tertentu dan post dinyatakan mengganggu kenyamanan publik oleh staf Forum Sekolah Sihir Hogwarts, maka kami akan melakukan tindakan mulai dari penghapusan post sampai dengan ban karakter jika diperlukan. Peraturan ini juga berlaku untuk dalam hal sikap anggota terhadap anggota lain maupun staf. Keputusan final staf tidak dapat diganggu gugat.
  4. Kritik dan saran tentu akan sangat diterima untuk perbaikan forum ini. Hanya saja, kami meminta anggota Forum Sekolah Sihir Hogwarts sekalian mengingat bahwa tidak semua kebijakan akan menyenangkan semua pihak. Staf akan berusaha mendengarkan pendapat anggota dan mengambil kebijakan berdasar pada pendapat mayoritas apabila hendak diberlakukan perubahan atau pengadaan kondisi-kondisi khusus lainnya. Sementara anggota diharapkan mau bekerja sama dan turut serta mementingkan pendapat mayoritas agar kenyamanan bersama tetap terjaga.
  5. Apabila kalian sebagai anggota FSSH yang telah memiliki akun mempunyai pertanyaan, harap bertanya di topik pertanyaan yang telah disediakan. Staf FSSH lebih sering mengecek forum daripada membuka Twitter ataupun online di media sosial lainnya. Pertanyaan juga bisa dikirimkan melalui email pada alamat kittsu@yahoo.com, meskipun pertanyaan tetap dapat disarankan untuk ditanyakan di topik pertanyaan.
  6. Jika kalian mengambil sesuatu dari FSSH, misalkan pertanyaan pada topik di Polling and Survey Area, setting suatu layanan, atau mengambil sesuatu yang kalian lihat atau baca pertama kali di FSSH, harap cantumkan kredit untuk FSSH. Sekalipun apa yang kalian ambil tersebut tidak bersumber dari FSSH, apabila kalian melihatnya di FSSH, FSSH pasti mengambilnya dari salah satu atau lebih sumber yang tercantum pada Copyright Lists. Mari membangun komunitas yang saling menghargai hasil karya orang lain.
  7. FSSH mendasarkan diri pada canon buku yang ditulis oleh J. K. Rowling. Ini berarti, semua deskripsi cenderung mengacu pada buku, bukan pada film Harry Potter. Adapun karya Harry Potter lain, macam The Cursed Child, tidak dianggap eksis di universe FSSH, karena tidak ditulis oleh J. K. Rowling. Sedangkan, film Fantastic Beasts and Where to Find Them dianggap eksis, karena screenplay-nya ditulis oleh J. K. Rowling.
  8. Jika karakter kalian ingin melakukan hal-hal yang berkemungkinan dianggap sebagai tindak kriminal atau pelanggaran aturan sekolah sebagai karakter murid, silakan hubungi staf-staf yang ada melalui fitur Private Message atau LINE (Paracelsus: katzesaft, Herpo: raise_phoenix, Carmilla: missrainbow13) untuk mendiskusikan hal ini. Karakter boleh "nakal", tetapi kalian sebagai PM tetap "baik" dan mengikuti aturan forum. Dengan berkonsultasi kepada staf, tidak saja kalian bisa mendapatkan pengarahan yang tepat dan sesuai dengan forum untuk eksekusi plot atau mini plot kalian, tetapi siapa tahu plot kalian dapat berkontribusi terhadap plot besar atau grand plot forum.
Semua yang sudah tertulis di peraturan adalah peraturan resmi dari staf FSSH selaku pemilik dan pendiri forum ini. Calon pendaftar seharusnya sudah membaca terlebih dahulu sebelum mendaftar menjadi bagian dari komunitas kami. Maka jika kalian merasa peraturan ini tidak sesuai prinsip atau mengganggu kesenangan kalian, mohon diingat bahwa kami tidak pernah memaksa kalian harus mendaftar menjadi bagian dari kami.

Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu dan terkadang tanpa pemberitahuan. Karena itu diharapkan kesediaan masing-masing anggota forum membaca topik Peraturan secara berkala jika ada hal yang membuat Anda ragu, atau jika malas membaca, Anda bisa langsung saja bertanya di topik Pertanyaan yang tersedia.

The most fulfilling human projects appeared inseparable from a
degree of torment, the sources of our greatest joys lying
awkwardly close to those of our greatest pains…




Why? Because no one is able to produce a great work of art without experience,
nor achieve a worldly position immediately, nor be a great lover at the first attempt;
and in the interval between initial failure and subsequent success, in the gap between
who we wish one day to be and who we are at present, must come pain, anxiety, envy and
humiliation. We suffer because we cannot spontaneously master the ingredients of fulfillment.

—————————


The Consolation of Philosophy
Alain de Botton on Friedrich Nietzsche's
— M • M • 2 0 0 0 —

Like
Share

Joined: June 19th, 2012, 8:46 am

June 24th, 2012, 2:07 pm #2

Username Rules
PERATURAN TENTANG USERNAME KARAKTER
  1. Username yang digunakan adalah nama karakter, bukan nama-nama lain atau nama panggilan anggota atau pemilik akun. Jadi, misalnya nama kalian Baba Bhutan, jangan mendaftarkan diri sebagai Baba Bhutan, melainkan sebagai karakter kalian. Sebutlah nama karakter kalian John Watson (sebagai contoh saja, karakter John Watson adalah milik penulis Sir Arthur Conan Doyle). Ingat untuk menulis nama karakter kalian dengan huruf kapital dan spasi yang benar. "John Watson", bukan "john watson", "John watson", "JohnWatson", "j0hn w4ts0n", "john", dan berbagai variasi salah lainnya. Variasi seperti "John H. Watson", apabila karakter kalian memiliki nama lengkap John Hamish Watson, diperbolehkan.
  2. Anggota atau member FSSH tidak diizinkan menggunakan nama artis, tokoh politik, tokoh agama, karakter film, karakter novel, karakter anime maupun public figure lain yang sudah dikenal luas sebagai username. Jika terjadi ketidak-sengajaan penamaan, karakter tersebut diharapkan mengganti namanya melalui layanan yang sudah tersedia.
  3. Penulisan nama karakter harus sesuai ketentuan berupa nama depan dan diikuti oleh nama keluarga seperti Godric Gryffindor atau Albus Dumbledore. Apa pun alasan plot yang diajukan oleh anggota pemilik karakter (contoh: karakter saya tidak punya keluarga, dsb), username harus minimal berupa dua suku kata untuk penamaan barat dan Jepang, serta tiga suku kata untuk penamaan Cina dan Korea. Nama keluarga yang digunakan akan tercatat secara resmi dalam role play sebagai nama keluarga karakter tersebut walaupun sebenarnya itu nama tengah atau nama samaran sang karakter.
  4. Tidak diperkenankan membuat nama yang apabila ditambah dengan inisial nama tengah panjangnya menjadi berlebihan (Anisette B. C. D. E. Forks), menggunakan karakter selain huruf (angka, underscore dan lambang-lambang lain) atau menggunakan sTicKy cApS pada username.
  5. Segala penamaan khusus seperti penambahan gelar pendidikan, penambahan gelar bangsawan (Lady, Duke, Duchess, Sir, PhD, dan sejenisnya), penambahan gelar jabatan dan sejenisnya tidak diperlukan dalam username. Hal ini dilakukan dalam rangka menyeragamkan username di forum ini.
  6. Agar tidak terjadi kerancuan atau kebingungan, tidak boleh ada marga/nama belakang/nama keluarga karakter yang sama jika mereka tidak memiliki relasi (secara-darah maupun secara-plot). Untuk mengecek apakah marga karakter yang kalain inginkan sudah dipakai atau belum, gunakan Harry Potter Wikia untuk mencari nama-nama karakter canon dan gunakan fitur pencarian member lain FSSH ini untuk mencari nama-nama karakter yang sudah ada di FSSH.
Semua akun yang penamaannya dirasa tidak sesuai dengan peraturan diatas, maka staf FSSH akan menganggap bahwa anggota FSSH yang bersangkutan tidak membaca peraturan ini dengan baik. Anggota FSSH yang bersangkutan akan diberi peringatan melalui Private Message dan diminta untuk mengubah username-nya sebelum melanjutkan bermain di FSSH.

The most fulfilling human projects appeared inseparable from a
degree of torment, the sources of our greatest joys lying
awkwardly close to those of our greatest pains…




Why? Because no one is able to produce a great work of art without experience,
nor achieve a worldly position immediately, nor be a great lover at the first attempt;
and in the interval between initial failure and subsequent success, in the gap between
who we wish one day to be and who we are at present, must come pain, anxiety, envy and
humiliation. We suffer because we cannot spontaneously master the ingredients of fulfillment.

—————————


The Consolation of Philosophy
Alain de Botton on Friedrich Nietzsche's
— M • M • 2 0 0 0 —

Like
Share

Joined: June 19th, 2012, 8:46 am

June 24th, 2012, 11:37 pm #3

Character and Visualization Rules
PERATURAN TENTANG KARAKTER DAN VISUALISASI
  1. Ada dua jenis karakter di FSSH.
    • Jenis pertama adalah karakter yang bisa didaftarkan sebagai murid dari Sekolah Sihir Hogwarts merupakan karakter yang usianya 11 (sebelas) tahun pada timeline yang tengah berjalan (minimal sudah berusia 11 tahun pada tanggal 1 September di tahun yang ditentukan timeline).
    • Jenis kedua adalah karakter spesial. Karakter spesial adalah karakter non-murid Hogwarts, baik itu karakter penyihir dewasa maupun karakter penyihir yang bersekolah di sekolah sihir lain atau bahkan tidak bersekolah sama sekali. Usia minimal karakter spesial adalah 13 tahun pada timeline yang tengah berjalan. Ketentuan usia maksimal adalah 150 tahun, kecuali karakter vampir yang bisa berusia hingga kurang lebih 800 tahun.
  2. Visualisasi karakter yang wajib dipakai menggunakan visualisasi 3D atau visualisasi manusia biasa. Tidak diperkenankan menggunakan visualisasi apapun diluar manusia. Latar belakang visualisasi 3D harus berupa artis, penyanyi, model, atau model anonim. Pendaftaran harus menyertakan link galeri visualisasi, bukan link foto. Gender visualisasi harus menyesuaikan gender karakter.

    Visualisasi Asia Timur (Jepang, Korea, dan Tiongkok) dan, mulai Term IX, Asia Tenggara akan dibatasi pemakaiannya dan akan diatur lebih lanjut dalam setiap peraturan khusus yang dibuat setiap pembukaan registrasi. Visualisasi selain visualisasi Asia Timur dan Asia Tenggara bebas dipakai untuk murid tanpa kuota.

    Untuk visualisasi Asia Timur dan Asia Tenggara yang merupakan keturunan campuran atau blasteran, maka akan dilihat dari struktur atau tampilan wajahnya. Jika tetap terlihat sebagai orang Asia Timur atau Tenggara, maka akan tetap dikuotakan. Sedangkan jika tidak sepenuhnya terlihat sebagai orang Asia Timur atau Tenggara, maka bisa dianggap bebas dari kuota.
  3. Ketetapan gambar yang dapat kalian pasang pada signature dan avatar karakter kalian wajib menggunakan visualisasi sendiri dan visualisasi tersebut berlaku seumur hidup. Maka tidak diperkenankan mengganti visualisasi apapun alasannya. Walaupun karakter anda kecelakaan dan wajahnya rusak parah hingga operasi plastik dan sejenisnya, visualisasi yang dipasang pada avatar dan signature harus tetap visualisasi yang terdaftar dan tidak dapat diganggu gugat.
  4. Perlu diketahui bahwa setiap karakter wajib minimal memasang salah satu dari avatar atau signature, karena ini sangat penting untuk memudahkan karakter lain mendeskripsikan seperti apa penampilan karaktermu dari luar. Tentunya akan lebih baik jika kamu memasang avatar dan signature sekaligus.
  5. Ukuran maksimal untuk gambar pada avatar adalah 190 x 250 pixel sedangkan untuk gambar pada signature adalah 400 x 150 pixel, tidak berlaku untuk kebalikannya atau 250 x 190 pixel dan 150 x 400 pixel. Untuk gambar pada avatar, dipersilakan menggunakan ukuran lain yang lebih kecil dari atau sama dengan 190 x 250 pixel. Peraturan yang sama berlaku pada gambar pada signature, hanya saja batasnya 400 x 150 pixel. Jika gambar pada signature menggunakan icon berukuran masing-masing 100 x 100 pixel, jumlah maksimal icon yang boleh dimuat adalah 4 dan harus diletakkan menyamping. Semua gambar pada avatar dan signature harus berformat JPG/ JPEG.
  6. Staf FSSH berhak menghapus gambar maupun tulisan pada signature dan/atau avatar yang dianggap tidak layak pakai atau mengganggu kenyamanan publik baik itu lewat kata-kata atau gambar yang tidak layak. Kami akan langsung menghapus signature dan/atau avatar yang dianggap mengganggu tersebut dan mengembalikan link gambar avatar dan/atau signature serta kata-kata tersebut kepada pemiliknya melalui Private Message. Namun tentunya avatar dan/atau signature tersebut ataupun avatar/signature lain yang sama tidak layaknya tidak akan boleh dipakai lagi. Jika mengabaikan peringatan ini dengan memasang kembali avatar dan/atau signature tersebut ataupun avatar/signature lain yang sama tidak layaknya, maka staf berhak memberi warn atau bahkan langsung melakukan banning.
  7. Untuk karakter kembar, yang kuotanya akan diadakan setiap kali registrasi dibuka, jumlah maksimal karakter kembar yang diperbolehkan dalam 1 pasang karakter kembar adalah 4 (empat) karakter, dan akan dihitung sebagai 1 pasang, sehingga hanya menghabiskan 1 kuota kembar.

The most fulfilling human projects appeared inseparable from a
degree of torment, the sources of our greatest joys lying
awkwardly close to those of our greatest pains…




Why? Because no one is able to produce a great work of art without experience,
nor achieve a worldly position immediately, nor be a great lover at the first attempt;
and in the interval between initial failure and subsequent success, in the gap between
who we wish one day to be and who we are at present, must come pain, anxiety, envy and
humiliation. We suffer because we cannot spontaneously master the ingredients of fulfillment.

—————————


The Consolation of Philosophy
Alain de Botton on Friedrich Nietzsche's
— M • M • 2 0 0 0 —

Like
Share

Joined: June 19th, 2012, 8:46 am

June 25th, 2012, 12:14 am #4

Deregister and Character Deleting Rules
KETENTUAN TENTANG PENGHAPUSAN DAN PEMBATALAN KARAKTER
  1. Forum Sekolah Sihir Hogwarts tidak memberlakukan adanya penghapusan karakter sama sekali. Hal ini dikarenakan kami tidak ingin ada post-post 'hantu' yang bernama 'deleted account' nampak di mana-mana. Pengecualian dalam hal ini diberikan kepada karakter yang belum mengikuti House Selection atau Seleksi Asrama.
  2. Pembatalan karakter, lawan dari pembuatan karakter, yang berarti menonaktifkan karakter kalian (layanan ini bernama Character Deregistration di Forum Sekolah Sihir Hogwarts), bisa dilakukan dengan mengisi topik Character Deregistration. Setelah selesai maka akun yang di-deregister akan dimasukan dalam grup "Deregistered Character" atau "Requiescat in Pace" dan tidak bisa dipulihkan kembali dalam keadaan serta alasan apa pun.
  3. Apabila kalian melakukan pembatalan karakter secara suka rela, kalian bisa memilih grup "Deregistred Character" atau "Requiescat in Pace" sebagai grup baru karakter kalian. Apabila kalian memilih grup "Requiescat in Pace", yang berarti karakter kalian jelas meninggal, bukan hanya hilang atau tidak jelas kabarnya. Jika karakter kalian meninggal, member title akun karakter yang meninggal tersebut akan menunjukkan rentang waktu hidup karakter (contoh: 14 April 1980 - 22 Januari 1999). Akun dalam grup "Requiescat in Pace" masih dapat membaca semua topik dalam forum seperti anggota forum pada umumnya, namun hanya bisa melakukan posting atau reply di Alternate Universe Roleplay dan Past Roleplay.
  4. Pembersihan karakter yang tidak aktif diperlukan untuk recycle visualisasi. Maka mereka yang gagal memenuhi jumlah post yang harus dimiliki (silakan cek post tentang Post Count Rules—Ketentuan tentang Jumlah Post untuk mengecek kuota jumlah post yang harus dipenuhi karakter kalian) selama dua tahun ajaran (term) berturut-turut (setara dengan 6 bulan RW), karakternya akan dimasukan dalam grup "Deregistered Character". Karakter yang akan di-deregister pada akhir tahun ajaran tidak akan diberi pemberitahuan apapun, maka anggota forum dipersilakan bertanggung jawab dengan mengawasi jumlah post karakter yang dimiliki secara mandiri.

    Dalam role play, silakan mendeskripsikan bahwa karakter tersebut pindah dari Hogwarts atau hilang (karakter penyihir yang telah lulus dari Hogwarts akan dianggap hilang) serta tidak bisa kembali lagi ke Hogwarts sebagai karakter yang sama. Karakter yang melakukan pembatalan, baik secara suka rela maupun tidak, akan kehilangan hak visualisasinya.
  5. Bagi karakter calon murid Hogwarts, pending atau menunda karakter untuk dimainkan hanya boleh dilakukan jika karakter sudah mencapai jumlah post sebanyak 5 (lima), dan pending hanya boleh dilakukan sebanyak satu term (3 bulan RW).

    Sebagai contoh, jika karakter John Watson mendaftar pada Term 1, maka jika John Watson belum akan mengikuti House Selection atau Seleksi Asrama pada Term 1, dia harus terlebih dahulu berada dalam grup "Young Mage" atau "House Selection Mage". Jika tidak demikian, maka akun karakter John Watson akan dihapus sebelum Pembukaan Registrasi Term 2. Kemudian jika John Watson, yang berada pada grup "Young Mage" atau "House Selection Mage", sudah melalui masa pending selama Term 1, maka dia wajib mengikuti House Selection atau Seleksi Asrama pada term berikutnya, yaitu Term 2. Jika tidak demikian, maka akun karakter John Watson akan dihapus usai House Selection Term 2.
  6. Karakter dalam grup Special Character hanya boleh melakukan pending hingga akhir term pada term yang sama ia mendaftarkan akunnya. Yang dimaksud pending di sini adalah belum mencapai jumlah minimal sebanyak 5 (lima) yang menjadi syarat bagi karakter spesial, dan kemudian melaporkan diri dengan mengisi topik ini.

    Jika hingga akhir term karakter dengan grup Special Character itu belum mengisi topik tersebut, maka akunnya juga akan dihapus pada akhir term, yaitu saat forum offline sementara untuk pembersihan karakter tidak aktif.

Pengambilan istilah deregister sebagian lawan dari register diambil atas keputusan berdasarkan link ini.

The most fulfilling human projects appeared inseparable from a
degree of torment, the sources of our greatest joys lying
awkwardly close to those of our greatest pains…




Why? Because no one is able to produce a great work of art without experience,
nor achieve a worldly position immediately, nor be a great lover at the first attempt;
and in the interval between initial failure and subsequent success, in the gap between
who we wish one day to be and who we are at present, must come pain, anxiety, envy and
humiliation. We suffer because we cannot spontaneously master the ingredients of fulfillment.

—————————


The Consolation of Philosophy
Alain de Botton on Friedrich Nietzsche's
— M • M • 2 0 0 0 —

Like
Share

Joined: June 19th, 2012, 8:46 am

June 25th, 2012, 12:54 am #5

Role-Play Rules
PERATURAN ROLE-PLAY
  • Forum Sekolah Sihir Hogwarts adalah forum yang menggunakan Bahasa Indonesia yang sesuai dengan aturan Ejaan yang Disempurnakan, maka penggunaan huruf kapital, penulisan kata, dan pemakaian tanda baca harus sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan.

    Sebagai catatan, dan untuk masa percobaan, penulisan narasi karakter yang sepenuhnya menggunakan Bahasa Inggris diizinkan, selama tidak dalam topik yang terbuka (open topic), topik umum (contohnya topik event, Start-of-Term Feast), dan topik-topik lain yang bersifat cenderung bebas dan dapat dimasuki siapa saja. Harap gunakan Bahasa Inggris yang baik dan benar dalam topik-topik privat atau tertutup yang ada.
  • Tidak diperbolehkan menulis dengan sticky caps seperti 'DiA perGi ke kaNtoR MEngguNaKaN SEpEda' atau menulis dengan gaya tulisan alay seperti 'd1 pr6 k knTr Mng6nKan 53pd'. Juga tidak diperbolehkan menggunakan memanjang-manjangkan kata seperti 'iya' menjadi 'IeaAAopz'.
  • Tidak diperbolehkan ada singkatan, seperti 'dari' menjadi 'dr'.
  • Dalam mengutip ucapan atau perkataan langsung karakter lain, gunakan warna abu-abu.

Code: Select all

[color=Gray]"Aku mengerti."[/color]
  • Setiap paragraf harap dipisahkan dengan pergantian baris yang jelas.
  • Pemakaian emoticon atau gambar jenis apapun dalam post role play dilarang, begitu juga penggunaan gaya bahasa serta tanda baca yang tidak tepat maupun berlebihan, contohnya ~, *, !!!!!!!, ^, /kayang/, (meneguk), atau *menggelinding*.
  • Dalam setiap post di area role play, jumlah kata minimal yang harus ditulis adalah 100 kata. Tidak ada batas maksimal dalam jumlah kata, namun untuk topik-topik yang bersifat terbuka lebar seperti Start-of-Term Feast atau Pesta Awal Tahun, End-of-Term Feast atau Pesta Akhir Tahun, event besar, plot yang melibatkan banyak karakter, dan sejenisnya, dianjurkan untuk tidak menulis terlalu banyak, demi mempertimbangkan anggota FSSH lainn yang hendak bermain role play bersama.
  • Dilarang menggunakan emoticon dalam bentuk apapun dalam role play, yang berarti penggunaan emoticon diperbolehkan selama penggunaannya dilakukan di OoC (Out of Character), yang juga dikenal dengan istilah KdK (Keterangan diluar Karakter), maupun dalam surat.
  • Dimohon untuk meminimalisir Breaking the 4th Wall.
  • Kata yang tidak baku (contoh: nggak, kayaknya, banget, dan bareng) harap di-italic, sehingga semua pihak yang membaca tulisan kalian mengetahui bahwa kalian sadar dan memahami bahwa kata tersebut adalah kata yang tidak baku. Cara mudah untuk mengecek apakah kata yang kalian tulis baku atau tidak, gunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia Online ini.
  • Kata atau kalimat yang tidak ditulis dalam Bahasa Indonesia harap di-italic juga, untuk aturan yang sama dengan poin di atas.
  • Sangat dianjurkan untuk mengurangi penggunaan kata-kata vulgar. Jauh lebih baik jika kata-kata tersebut disensor atau seluruh hurufnya tidak ditulis sepenuhnya dalam satu kata yang utuh.
  • Tidak diperkenankan menulis kalimat yang di-strikethrough dalam dialog maupun deskripsi atau kalimat tidak langsung. Kecuali yang di-strikethrough itu adalah tulisan di atas surat, perkamen, atau semacamnya.

    Contoh yang dilarang:
wrote:Saat sarapan di Aula Besar, Meg tiba-tiba sadar bahwa dia belum mengerjakan pekerjaan rumah Astronomi. Mau bagaimana lagi? Semalam dia bermalas-malasan terserang demam yang sangat tidak enak, sehingga langsung tertidur setelah minum ramuan yang dikirim ibunya.
wrote:Meg memutar otak. Dia tidak ingin Profesor Sinistra, guru Astronomi, mengingatnya sebagai murid yang lupa mengerjakan PR. Gadis itu berhenti mengunyah telur dan menyeringai ketika melihat teman sekamarnya, Shannon, menghampiri meja untuk sarapan. "Hei, Shannon, selamat pagi! Boleh aku lihat dan mencontek PR Astronomi-mu, tidak?"
  • Contoh yang diperbolehkan:
wrote:Shannon tidak mengizinkan Meg menyalin PR Astronominya. Maka Meg pun diberi pekerjaan rumah ekstra untuk menulis tentang planet bumi, sementara teman-temannya hanya perlu menulis tentang planet Mars saja.
Planet Bumi merupakan planet di urutan ketiga terdekat dengan matahari dalam tata surya. Adapun jumlah total seluruh planet yang mengitari matahari sebagai pusat tata surya adalah sembilan delapan, sejak Pluto tidak lagi dihitung sebagai planet, melainkan dikategorikan sebagai dwarf planet.
Meg berhenti menulis setelah satu paragraf dan merenung. Shannon sebenarnya tidak salah apa-apa. Meg saja yang bandel dan tidak mengerjakan pekerjaan rumahnya.
  • Setiap anggota forum diharapkan bertanggungjawab atas apa yang ditulisnya. Dilarang keras mendeskripsikan adegan seksual atau persetubuhan secara secara eksplisit antara dua karakter atau lebih. Hubungan sesama jenis juga sangat tidak diizinkan dalam bentuk apapun.

The most fulfilling human projects appeared inseparable from a
degree of torment, the sources of our greatest joys lying
awkwardly close to those of our greatest pains…




Why? Because no one is able to produce a great work of art without experience,
nor achieve a worldly position immediately, nor be a great lover at the first attempt;
and in the interval between initial failure and subsequent success, in the gap between
who we wish one day to be and who we are at present, must come pain, anxiety, envy and
humiliation. We suffer because we cannot spontaneously master the ingredients of fulfillment.

—————————


The Consolation of Philosophy
Alain de Botton on Friedrich Nietzsche's
— M • M • 2 0 0 0 —

Like
Share

Joined: June 19th, 2012, 8:46 am

June 25th, 2012, 2:12 am #6

Registration Rules
PERATURAN REGISTRASI
Berikut adalah penjelasan mengenai proses registrasi karakter alias panduan untuk para anggota baru FSSH dalam meregistrasikan karakternya. Silahkan mengikuti panduan ini dari poin pertama sampai akhir agar tidak terjadi kesalahan dalam registrasi maupun deskripsi.
  1. Pastikan kalian telah membaca Rules and Agreement dengan perlahan, hati-hati, dan memahami benar dengan baik serta sadar akan peraturan apa yang berlaku di Forum Sekolah Sihir Hogwarts sebelum mendaftar. Protes atau pembelaan atas pelanggaran mengenai peraturan yang telah fix sejak awal tidak akan ditanggapi karena kami menganggap anda telah menyetujui peraturan yang telah tercantum saat mendaftar.

    Apabila perlu, baca semua peraturan dua kali, karena kalian mungkin berpikir bahwa hampir semua forum role play, terutama yang berbasis Harry Potter universe, memiliki peraturan yang sama, tetapi pada kenyataannya tidak seperti itu. Demi menghindari kekecewaan karena luput membaca peraturan dengan berhati-hati, mohon kesediaan kalian untuk membaca peraturan baik-baik sebelum memutuskan untuk menyetujuinya.
  2. Cek List of Visualization untuk melihat nama-nama visualisasi yang sudah dipakai oleh anggota forum lain. Satu visualisasi berlaku seumur hidup untuk satu karakter, kecuali karakter tersebut melakukan deregistrasi, baru kemudian visualisasi yang telah dicabut dapat dipakai kembali. Semua nama yang tercantum pada daftar resmi tidak bisa digunakan oleh dua karakter untuk alasan apa pun (kembar, adik-kakak, dan lain sebagainya).
  3. Daftarkan karakter kalian dengan mengklik register—mendaftar, di sudut kiri atas. Ingat, username berarti nama karakter anda bukan nama sang Puppet Master atau Puppet Mistress. Email yang didaftarkan harus valid (benar-benar ada, bukan hanya email rekayasa). Satu email dapat digunakan untuk lebih dari satu akun.

    FSSH menggunakan sistem dimana setiap anggota baru FSSH dapat melakukan validasi akun mereka masing-masing melalui email yang akan dikirim oleh Zetaboards.

    Jika kalian belum melakukan validasi email, maka grup karakter kalian masih akan berada di "Validating Email" dan belum dapat bermain di FSSH.
  4. Untuk pendaftaran karakter biasa, segera setelah grup karakter kalian berubah dari "Validating Email" menjadi "New Mage" (ketika email sudah divalidasi), kalian akan bisa mendaftarkan karakter kalian dengan mengisi form di Character Registration.

    Setelah itu, tunggu hingga form registrasi kalian di-approve atau disetujui oleh staf. Setelah di-approve, maka grup akan berganti menjadi "Approved Mage", selanjutnya silakan reply pada topik kisah awal karakter yang bisa kalian temukan di Hogwarts Letter dalam rangka berubah dari "Approved Mage" menjadi "Young Mage".

    Setelah itu, kalian bisa mulai bermain dengan karakter kalian di tempat-tempat seperti Leaky Cauldron dan Diagon Alley.
  5. Untuk pendaftaran karakter spesial, setelah grup karakter kalian berubah dari "Validating Email" menjadi "New Mage" (ketika email sudah divalidasi), kalian akan bisa mendaftarkan karakter kalian dengan mengisi form di Special Character Registration.

    Setelah itu, tunggu hingga form registrasi kalian di-approve oleh staf. Setelah di-approve, maka grup akan berganti menjadi "Special Character", dan kalian sudah bisa melakukan role play pada tempat-tempat yang tersedia.

    Agar kalian bisa berpindah grup; kalian diwajibkan memiliki jumlah post sebanyak 5 buah. Setelah itu, silahkan melaporkan karakter kalian ke topik Special Character Report and Group Request ini dan ikuti prosedur yang tertulis di sana.
  6. Pendaftaran karakter spesial yang diterima adalah karakter penyihir dewasa karakter yang bukan seorang murid hogwarts (usia 13-17 tahun), karakter murid senior yang sudah membeli status di Posts Shop, dan karakter yang sudah diterima oleh admin untuk menjadi prefek baru.
    • Batas usia minimal untuk karakter spesial yang boleh diregistrasi adalah 13 tahun.
    • Adapun yang boleh menceritakan dirinya lulus sekolah hanyalah mereka yang minimal berusia 18 tahun, sedangkan karakter yang berusia 13-17 tahun, maka berarti dianggap sebagai:
      • Tidak pernah masuk sekolah sihir manapun
      • Murid sekolah sihir selain Hogwarts (tapi nanti tetap masuk dalam grup Wizard / Witch, dengan Member Title bertuliskan "Beauxbatons Student", "Durmstrang Student", "Ilvermorny Student", dan lain sebagainya.
      • Sudah keluar dari sekolah, baik itu karena keputusan sendiri maupun dikeluarkan oleh pihak sekolah.
    • Batas maksimal usia karakter spesial adalah 150 tahun, kecuali untuk karakter vampir yang bisa hidup sekurang-kurangnya selama 800 tahun.
  7. Daftarkan karakter kalian pada topik registrasi karakter sesuai Panduan dan Contoh Registrasi Karakter yang tersedia. Mohon diingat, registrasi yang tidak sesuai atau melanggar poin-poin tertentu akan diberi peringatan oleh staf maupun anggota forum yang bertugas. Apabila registrasi yang salah tidak diperbaiki, maka registrasi tidak akan diterima.
  8. Harap diingat, jika form registrasi sudah diperbaiki, harap melapor atau me-reply di topik registrasi karakter baru kalian dalam rangka memberitahu staf bahwa kalian sudah memperbaikinya. Harap diingat bahwa staf FSSH bukanlah robot atau mesin yang bisa tahu secara otomatis bahwa kalian sudah memperbaiki registrasi kalian yang salah tanpa mendapat laporan secara langsung dari kalian di sana. Jadi, dimohon untuk tidak menyalahkan staf FSSH jika staf tidak memeriksa lagi form registrasi kalian yang sudah diperbaiki selama kalian tidak melaporkan perbaikan yang sudah kalian lakukan.

The most fulfilling human projects appeared inseparable from a
degree of torment, the sources of our greatest joys lying
awkwardly close to those of our greatest pains…




Why? Because no one is able to produce a great work of art without experience,
nor achieve a worldly position immediately, nor be a great lover at the first attempt;
and in the interval between initial failure and subsequent success, in the gap between
who we wish one day to be and who we are at present, must come pain, anxiety, envy and
humiliation. We suffer because we cannot spontaneously master the ingredients of fulfillment.

—————————


The Consolation of Philosophy
Alain de Botton on Friedrich Nietzsche's
— M • M • 2 0 0 0 —

Like
Share

Joined: June 19th, 2012, 8:46 am

July 14th, 2012, 10:14 pm #7

Post Counts Rules
PERATURAN TENTANG JUMLAH POST
Berikut adalah daftar jumlah post minimal yang dibutuhkan untuk karakter kalian dalam rangka berpindah dari 1 grup ke grup lainnya.
  • Young Mage — 1 post
  • House Selection Mage — 5 post
  • 1st Year Student — 5 post + lolos House Selection—Seleksi Asrama
  • 2nd Year Student— 20 post
  • 3rd Year Student — 30 post
  • 4th Year Student — 40 post
  • 5th Year Student — 50 post
  • 6th Year Student — 60 post
  • 7th Year Student — 70 post
  • Wizard / Witch — 80 post
Untuk karakter yang registrasi sebagai murid senior (seperti 5th Year Prefect, misalnya), maka jumlah post minimal yang dibutuhkan untuk naik kelas adalah 20 post untuk tingkat lima dan enam; dan 10 post untuk tingkat tujuh agar bisa lulus. Jadi contohnya, 5th Year Prefect butuh 20 post untuk bisa naik menjadi 6th Year Prefect, lalu di term berikutnya jumlah postnya harus mencapai 40 atau lebih untuk bisa naik menjadi 7th Year Prefect (atau Head Boy/Girl jika terpilih), dan di term berikutnya jumlah postnya harus mencapai 50 atau lebih untuk bisa lulus.

Harap diketahui bagi para Prefek dan Ketua Murid, jika jumlah post kalian tidak memenuhi syarat minimal keaktifan, maka grup-grup kalian akan diturunkan menjadi grup murid biasa. Jadi 5th Year Prefect akan menjadi 5th Year Student, 6th Year Prefect akan menjadi 6th Year Student, dan 7th Year Prefect serta Head Boy dan Head Girl akan menjadi 7th Year Student.

Untuk karakter yang melakukan registrasi sebagai karakter dewasa, jumlah post minimal yang kalian butuhkan untuk memenuhi syarat keaktifan adalah 7 post (sudah termasuk 5 post yang menjadi syarat minimal perpindahan grup seperti yang tertulis di sini (pada poin nomor 5) dan di sini) khusus untuk term pertama ketika karakter tersebut terdaftar di FSSH. Sedangkan untuk term-term selanjutnya, syarat keaktifan bagi masing-masing karakter spesial tersebut adalah 2 post.

Harap diingat bahwa semua Puppet Master dan Puppet Mistress bertanggungjawab pada pengawasan dan penambahan jumlah post karakter masing-masing. Harap untuk tidak mengeluh di akhir tahun ajaran tentang tidak ada cara menambah post sehingga karakter kalian terancam ter-deregistrasi. Apabila kalian memang butuh bantuan staf FSSH untuk membuat atau mencari topik yang bisa dimasuki karakter kalian, silakan hubungi salah satu Admin via Private Message. Admin akan berusaha membantu kalian menambah jumlah post untuk karakter kalian.

Mengejar Kenaikan Kelas
Karakter yang tinggal kelas karena jumlah post belum mencukupi kini dapat mengejar ketertinggalan dengan cara: mengejar jumlah post biasa (misalnya 20 post untuk naik ke tingkat 2), tetapi dengan penalti berupa 5 post ekstra untuk setiap tingkat.

Misalnya, karakter Gregory Goyle masih duduk di tingkat 2, dengan jumlah post 21, padahal harusnya sudah duduk di tingkat 3. Maka, setelah jadwal perubahan grup usai, Gregory Goyle masih dapat naik ke tingkat 3; dengan syarat jumlah postnya mencapai 35, dengan 30 dari syarat dasar kenaikan kelas ditambah 5 penalti. Untuk kasus lain, misalnya Vincent Crabbe masih duduk di tingkat 1 dengan 17 post, padahal seharusnya sudah duduk di tingkat 3, maka Vincent Crabbe harus memiliki jumlah post sekurang-kurangnya 40, bukan 30. 40 ini dari 30 post syarat dasar ditambah 5 + 5, masing-masing untuk penalti kenaikan tiap tingkat.

Jika jumlah post yang diperlukan untuk mengejar kenaikan kelas telah dipenuhi, silakan gunakan topik Class-and-Post Count Redemption ini untuk menaikkan kelas (grup) karakter kalian.

Edit to add:
- Minor edits for typo and grammars
- Minggu, 16 April 2017: Menambahkan fitur Mengejar Kenaikan Kelas untuk karakter murid Hogwarts.

The most fulfilling human projects appeared inseparable from a
degree of torment, the sources of our greatest joys lying
awkwardly close to those of our greatest pains…




Why? Because no one is able to produce a great work of art without experience,
nor achieve a worldly position immediately, nor be a great lover at the first attempt;
and in the interval between initial failure and subsequent success, in the gap between
who we wish one day to be and who we are at present, must come pain, anxiety, envy and
humiliation. We suffer because we cannot spontaneously master the ingredients of fulfillment.

—————————


The Consolation of Philosophy
Alain de Botton on Friedrich Nietzsche's
— M • M • 2 0 0 0 —

Like
Share

Joined: June 27th, 2012, 5:04 am

April 9th, 2014, 4:11 am #8

Suspension
KETERANGAN MENGENAI SUSPENSI KARAKTER

  • Suspensi karakter dilakukan terhadap karakter Wizard ataupun Witch yang tidak memenuhi syarat keaktifan dalam 1 term.

    Adapun syarat keaktifkan karakter Wizard atau Witch adalah 2 post per term, jika dan hanya jika karakter Wizard atau Witch ini belum mencapai jumlah 80 post. Jika telah mencapai jumlah 80 post, seperti misalnya lulus dari Hogwarts sebagai murid biasa, maka karakter Wizard atau Witch tidak lagi perlu untuk melakukan mengejar syarat keaktifan.

    Setelah karakter terkena suspensi, maka akunnya akan berada dalam grup Suspended dan tidak bisa melihat serta bermain di subforum-subforum RP yang ada di FSSH. Jika Puppet Master yang karakternya tersuspensi ingin status suspensinya dicabut, maka dia diharuskan mengirimkan Private Message kepada Herpo atau Paracelsus untuk memohon pelepasan suspensi.
  • Setelah status suspensi dilepas, karakter tersebut akan berada dalam masa pengawasan selama 1 term. Jika dalam 1 term itu tersebut karakter itu tidak berhasil lagi memenuhi syarat keaktifan karakter dewasa, maka dia akan langsung dideregistrasi tanpa pemberitahuan. Jika dia berhasil, maka dia dianggap lolos dari pengawasan dan berhasil memenuhi syarat keaktifan karakter dewasa pada term tersebut.

    Kemudian jika term selanjutnya dia gagal lagi memenuhi syarat keaktifan, maka dia akan terkena siklus suspensi yang baru lagi dan demikian seterusnya.
  • Adapun karakter yang berada dalam pengawasan dianggap lolos jika berhasil memenuhi syarat jumlah post sesuai dengan yang tertulis di peraturan. Term yang menjadi masa karakter tersebut dalam pengawasan dianggap terpisah dari masa sebelum dia terkena suspensi dan berada dalam pengawasan. Jadi misalkan dia tidak aktif di Term A karena hanya berhasil mendapatkan 1 post dan dianggap gagal memenuhi syarat keaktifan, kemudian di awal Term B akan langsung disuspensi. Setelahnya, PM dari karakter yang bersangkutan memohon pelepasan status suspensi dan akan langsung dikabulkan oleh Admin serta memasukkan karakter tersebut dalam masa pengawasan selama Term B. Maka pada Term B tersebut dia tetap harus membuat minimal 2 post RP lagi seperti biasa, bukan mengisi kekurangan jumlah post di Term A sebelumnya (di Term A dapat 1 post, bukan berarti di Term B dia hanya perlu 1 post lagi untuk bisa lolos dari masa pengawasan selama Term B tersebut).
  • Sementara jika ada karakter yang tersuspensi namun PMnya tidak mengajukan permohonan sama sekali untuk dicabut statusnya, maka juga akan langsung dideregistrasi setelah 1 term masa suspensi tersebut.
  • Karakter yang tersuspensi tidak akan dihapus namanya dari Daftar Visualisasi, sebelum dia benar-benar terderegistrasi.

ETA:
    [size=50]
  • Minor edits for typo and grammar
  • Update 18/02/2017: Menambahkan keterangan baru bahwa penyihir dewasa yang jumlah postnya sudah mencapai 80 akan kurang lebih aman dari suspensi.[/size]
Curcolan Admin

"Fun" isn't something I consider when administering a roleplay forum.
But it does put a smile on my invisible face.
Like
Share