Roleplay System

Joined: November 28th, 2010, 9:49 am

December 6th, 2010, 8:34 am #1

Roleplay System
0. Canon Setting
Roleplay Forum ini menggunakan setting Harry Potter dan melibatkan karakter-karakter canon yang muncul di setting yang sama. Jadi tidak aneh kalau akan bertemu dengan James Potter atau bahkan anaknya, Harry Potter.

I. Theme: Daily School Life
Berdasarkan sumbernya sendiri, Hogwarts adalah kehidupan sekolah sihir, sehingga yang akan diaplikasikan ke forum AniHogwarts ini juga seputar kehidupan sekolah sehari-hari. Jadi untuk menjaga 'tema' asli forum ini, maka member sangat diharapkan untuk tidak membuat kejadian yang nyaris tidak mungkin terjadi di sekolah pada abad 20 (seperti pergaulan bebas atau bahkan bunuh-bunuhan).

II. Prefect System
Prefek adalah member yang dipercaya untuk menjaga kenyamanan dalam bermain secara in-RP dengan cara bersikap seperti penegak peraturan. Mereka diizinkan masuk ke topik privat sekalipun kalau dirasa memang perlu untuk memberikan detensi pada murid yang melanggar peraturan in-RP.

III. Class Assistant System
Untuk sementara, yang akan membuka kelas adalah asisten kelas. Tetapi di dalam ceritanya sendiri, dianggap bahwa asisten hanya SEKALI membuka kelas setiap tahunnya, bukan setiap kali pelajaran dibuka oleh asisten.

IV. Status Point System
Status point hanya diberikan untuk member yang ikut Quidditch. Pembagiannya juga berbeda untuk setiap posisi yang ditempati dalam Quidditch.
Chaser : 200 poin
Beater : 100 poin
Keeper : 100 poin

Chaser diberikan poin dua kali lipat karena mereka mendistribusikannya ke dua poin yang berbeda. Poin-poin didistribusikan ke status sebagai berikut:
Chaser: ACU, EVA
Beater: ACU
Keeper: DEF

Contoh :
Status Chaser:
ACU = 140
EVA = 60

Distribusi poin harus kelipatan lima.

Setiap termnya, kapten Quidditch diperbolehkan untuk membuat topik latihan. Semua peserta yang berada di sana dan ikut latihan akan dapat bonus poin 1/post. Namun untuk anggota, maksimal mereka mendapatkan 5 poin per term. Sedangkan untuk kapten Quidditch, mereka bisa mendapatkan 10 poin/term. Jika anggota adalah Chaser, maka maksimal mendapatkan 10 poin (alias 2/post) dan kapten maksimal mendapatkan 20 poin.

V. Quidditch System
Quidditch yang akan dimainkan di dalam AniHogwarts tidak menggunakan sistem real-time based, tetapi menggunakan Roleplay itu sendiri di mana Chaser berhasil mencetak gol atau tidak, Beater berhasil menggagalkan laju Chaser atau tidak, Keeper berhasil menahan Quaffle atau tidak akan ditentukan oleh sang komentator yang akan selalu setia menemani di setiap permainan Quidditch yang diadakan antar asrama. Yang akan dipakai adalah diceroll dan sedikit dari matematika, yaitu perkalian.

[roll ]2d50[ /roll]
[hilangkan spasi]

Contoh (mengambil contoh status di atas):
[Chaser G] (deskripsi membawa Quaffle)
[Beater H] (deskripsi melempar Bludger ke Chaser G)
[roll ]2d50[ /roll] ->
[result]49&16:33,2d50,0,49&2d50[/result]
49% x 100 = 49
Berarti, akurasi dari Beater Hufflepuff yang menyerang Chaser Gryffindor adalah 49 (tidak akan disebut di dalam RP)
[Chaser G] (deskripsi dilempar Bludger oleh Beater H)
[roll ]2d50[ /roll] ->
[result]62&16:46,2d50,0,62&2d50[/result]
62% x 60 = 37.2
Berarti, tingkat menghindar dari Chaser Gryffindor atas serangan Beater Hufflepuff adalah 37.2
Secara 49 > 37.2, maka Chaser Gryffindor tidak bisa menghindari dengan mulus dan gerakannya terganggu (akan dideskripsikan oleh komentator) dan dianggap tidak dapat melewati pertahanan Beater. Setelah ini giliran Chaser Hufflepuff yang melawan Beater dari Gryffindor.

Namun jika tingkat menghindar Chaser Gryffindor lebih besar dari Beater Hufflepuff, maka Chaser akan menghadapi Keeper Hufflepuff untuk mencetak gol. Sistemnya tidak berbeda jauh, hanya saja kali ini persenan yang dikeluarkan oleh diceroll dikalikan dengan akurasi dari Chaser dan pertahanan dari Keeper. Jika akurasi Chaser lebih besar, maka 10 poin berhasil didapatkan oleh Gryffindor, namun jika pertahanan Keeper lebih besar, maka giliran Chaser Hufflepuff untuk melawan Beater dari Gryffindor.

Giliran Chaser/Beater yang akan posting dari satu asrama bisa didiskusikan, apabila ada yang terlalu sibuk untuk membalas topik Quidditch, dipersilahkan untuk anggota lainnya agar menggunakan giliran kawan.

Untuk Seeker akan ada permainan yang sedikit berbeda, mereka tidak membutuhkan status apapun, hanya menggunakan diceroll yang peraturannya akan ditetapkan oleh wasit. Mereka hanya diminta untuk mereply bergantian antar Seeker dan terus-terusan mendeskripsikan sedang mengejar Snitch (bisa diselingi dengan yang lain kalau bosan) sampai diceroll yang mereka keluarkan di akhir post memberikan angka tertentu.

Quidditch akan selesai kalau sudah melewati batas waktu atau Seeker berhasil mendapatkan angka yang diinginkan.

NEW SYSTEM

Ketika Snitch berhasil ditangkap, skor dari tim akan dilihat. Jika tim yang bersangkutan belum mencetak angka sama sekali, maka harga snitch hanyalah 25, ketika sudah ada minimal 10 (alias 1 gol), maka snitch berharga 50 poin.

Khusus di dalam topik pertandingan Quidditch, maksimal hanya boleh mereply satu paragraf yang berisi kurang lebih lima baris, jangan terlalu banyak agar tidak membuang-buang waktu.

IMPORTANT. RULES IN QUIDDITCH.

Agar tidak mengganggu kenyamanan semua peserta Quidditch, maka ada peraturan di mana jarak maksimal waktu reply dengan wasit adalah 12 jam. Jika 12 jam sudah lewat, maka yang tidak melakukan tugasnya akan didiskualifikasi dengan cara pengeluaran secara paksa out-RP (in-RP mungkin kecelakaan karena bludger atau tertabrak benda lain) dan digantikan oleh pemain lain (yang dianggap cadangan). Wasit boleh melangkahi giliran posisi yang seharusnya dan melanjutkan permainan.

Cth :
Chaser A vs. Beater B
Wasit reply : 12.00
Chaser A reply : 15.00
Beater B tidak mereply sampai 24.00/00.00
Wasit reply : 5.00, mengumumkan Chaser A vs. Keeper B
Keeper B reply : 10.00
Chaser A tidak mereply sampai 17.00
Wasit reply : 18.00, mengumumkan Chaser B vs. Beater A

Untuk seeker, jarak maksimal waktu dari seeker lawan adalah 24 jam.

VI. Promotion to the Next Grade
Untuk naik ke kelas berikutnya, yang idperlukan hanyalah post count yang jumlahnya tidak seberapa. Ini jumlah minimum post dari 'New Student'.

New Student : 0 Post
House Selection : 10 Posts
1st Year : 10 posts
2nd Year : 16 posts
3rd Year : 20 posts
4th Year : 24 posts
5th Year : 28 posts
6th Year : 32 posts
7th Year : 36 posts
Adult Wizard : 40 posts

VII. Reward System
Jika salah satu karaktermu sudah memiliki 300 post, kamu diizinkan membuat karakter baru yang memiliki darah makhluk sihir selain manusia (ex: Veela, Troll, Vampire, Werewolf). Namun jika kalian mau mengubah salah satu karakter kalian jadi campuran (khusus untuk Vampire dan Werewolf) juga bisa, tidak perlu karakter yang bersangkutan. Misalnya karakter A postnya smapai 300, lalu ingin karakter B jadi half-vampire, diperbolehkan.

PERHATIAN: yang dilihat bukan akumulasi post karakter-karaktermu, melainkan post satu karakter.

Werewolf tidak akan mendapatkan ciri-ciri werewolf jika salah satu orang tuanya adalah werewolf. Cara untuk menjadi werewolf hanyalah melalui gigitan.

Makhluk gaib dianggap tidak memiliki kekuatan sihir, sehingga jika karakter adalah persilangan antar manusia dan makhluk gaib, berarti status darah karakter kalian adalah Halfblood, kecuali Veela.

VIII. House Points System
Pendapatan poin untuk asrama bukan berdasarkan nilai seseorang di kelas. Maka, penghitungan poin asrama akan dimudahkan menjadi berikut :
Kelas : 1 poin/partisipan
Event : 4 poin/partisipan
Serta ada tambahan poin per partisipan ketika berhasil menyelesaikan event yang ada tergantung kesulitan dari event (semakin sulit jelas poinnya akan semakin besar). Dengan begitu penghitungan poin akan lebih rapi dan sistematis.
Quote
Like
Share

Joined: November 28th, 2010, 9:49 am

May 27th, 2011, 3:24 pm #2

[Character-Related Roleplay System]
I. Fictional Character

Seperti yang kadang dilihat di forum ini, karakter yang tidak berakun seringkali dimainkan menggunakan karakter yang sudah ada di AniHogwarts. Namun perlu diperhatikan bahwa akun-akun tersebut WAJIB ada hubungan dengan karakter fiksi yang sedang dimainkan. Mungkin saudara kandung, sepupu langsung, orang tua, atau pasangan (suami/istri/tunangan). Tidak boleh menggunakan akun yang sama sekali tidak punya hubungan darah/pasangan dari karakter fiksi yang dimainkan.
Quote
Like
Share

Joined: November 28th, 2010, 9:49 am

July 7th, 2012, 6:05 am #3

[About Mid-Term Registration]


Mid-term registration adalah registrasi yang dibuka di tengah-tengah term, waktu yang diberikan cenderung sangat sebentar. Dibuka jika ada alasan tertentu yang tidak wajib diberitahukan, dan juga jadwalnya tidak menentu.

Bagi yang masuk ke Hogwarts karena mid-term, bukan berarti kalian adalah murid pindahan yang masuk tengah tahun. Kalian masuk sama dengan anak-anak yang masuk ke Hogwarts saat open registration. Jadi, jangan sampai ada deskripsi bahwa kalian adalah murid pindahan atau masuk tengah tahun.
Quote
Like
Share

Joined: November 28th, 2010, 9:49 am

September 5th, 2012, 10:55 pm #4

[Privileges]
Apa itu 'Privileges'?
Privileges adalah 'hak' yang cukup langka seperti menguasai Animagus, Metamorphagus, atau bahkan Unforgivenable Curse. Bahkan yang bukan sihir seperti punya pekerjaan yang berpengaruh (kepala divisi Kementrian Sihir).

Bagaimana cara mendapatkannya?
Setelah lulus, kalian akan mulai mendapatkan poin dari keaktifan kalian di luar Hogwarts. Bisa mendapatkan poin selama menjadi murid hanya saja lebih sedikit. Namun ada juga yang syaratnya tidak membutuhkan poin, macam-macam.

Bagaimana cara penghitungan poinnya?
Dengan cara berRP. Thread starter dan partisipan di dalam thread akan mendapatkan poin tergantung jenis thread yang dibuat. Thread yang mau dihitung poinnya dapat dipost di topik [INI] (hanya bisa dilihat oleh yang sudah lulus Hogwarts).

Apakah penghitungan poin ditotal ke 1 PM atau ke karakter?
Karakter. Poin yang didapatkan hanya akan untuk karakter yang bersangkutan, tidak bisa dikombinasikan dengan karakter kalian yang lain.

Apa privileges bisa diberikan ke orang lain?
Bisa, namun harus membayarnya lebih mahal.

Sistemnya tukar poin atau selama kita punya poin, kita bisa memiliki hak yang jumlah poinnya lebih sedikit?
Sistemnya adalah tukar poin. Jadi kalau sudah 500 poin, mau mengambil hak yang seharda 250 poin, sisa poin adalah 250.

Karakternya terhapus! Poinnya tersimpan atau boleh dipindahkan?
Sayang sekali karena poinnya akan hangus :(

Topik open :
Thread starter : 5 + 5/post
Partisipan : 5/post
Topik akan dianggap 'open' kalau pesertanya lebih dari satu orang (totalnya 3 dengan TS). Jika hanya ada dua orang, maka akan mendapatkan 4 poin alih-alih 5.

Topik open-limited :
Thread starter : 3 + 3/post
Partisipan : 3/post

Topik invited :
Thread starter : 2/post
Partisipan : 2/post
Topik akan dianggap 'invited' kalau pesertanya lebih dari satu orang (totalnya 3 dengan TS). Selainnya akan dianggap private.

Topik private :
Thread starter : 1/post
Partisipan : 1/post

Untuk karakter murid :
1/post untuk semua tipe thread yang finished

(abilities yang bisa ditukar ada di sini - pending)

Animagus - 200 poin
Karakter yang bersangkutan bisa berubah menjadi satu jenis hewan yang dipilih. Tidak ada syarat khusus.

Metamorphagus - 350 poin
Karakter yang bersangkutan bisa merubah wujudnya sendiri (cth.Nymphadora Tonks). Khusus yang ini, hak akan diberikan ke karakter baru.

Seer - 350 poin
Karakter yang bersangkutan memiliki kemampuan untuk melihat masa depan. (cth.Sybill Trelawney). Khusus yang ini, hak akan diberikan ke karakter baru.

Legilimens & Occlumens - 200 poin
Karakter akan diberikan kemampuan untuk membaca pikiran orang lain dan melindungi pikirannya dari para pengguna Legillimens. Tidak ada syarat khusus.

Unforgivenable Curse - 250 poin
Karakter yang bersangkutan bisa menggunakan mantra-mantra terlarang. Namun ada syarat tambahannya. Karakter harus bekerja sebagai Auror/Death Eater.

Parselmouth - 100 poin
Karakter akan bisa menggunakan bahasa ular dan memerintahkan hewan tersebut. Khusus yang ini, hak akan diberikan ke karakter baru.

Karakter baru - 150 poin
Kalian bisa membuat Pureblood, Squib, Muggle, atau karakter apapun tanpa perlu jadi murid dahulu (bisa dikombinasikan dengan character award). Tidak harus menjadi penyihir dewasa, bahkan mungkin murid sekolah lain. Namun karakter yang dibuat tidak bisa masuk Hogwarts. Tidak boleh mengambil kuota Pureblood baru, namun boleh mengambil kuota lainnya (kembar/Mongoloid/kelahiran Asia/kelahiran Non-Britania Raya & Asia) (hanya boleh 1 term 1 karakter, untuk 1 PM yang sama).

Bisa juga dipakai untuk menghidupkan kembali akun penyihir dewasa yang terhapus karena tidak aktif setelah 6 bulan selama visualisasinya belum dipakai (jika sudah terpakai, maka karkater tidak bisa dihidupkan)

Transfer - 25 poin
Untuk beberapa ability yang dipelajari, kalian bisa membuat karakter murid kalian yang belum menjadi penyihir dewasa untuk mendapatkannya, dengan syarat 'harga'nya akan naik 25 poin. Tidak ada syarat khusus.

Pekerjaan :

Auror - 50 poin
Auror In Training boleh menjadi Auror. Harus menjadi In Training selama 3 tahun IRP.

Healer - 50 poin
Healer In Training boleh menjadi Healer. Harus menjadi In Training selama 3 tahun IRP.

Obliviator - 100 poin
Obliviator In Training boleh menjadi Obliviator dan bisa menggunakan Obliviates.

Unspeakable - 100 poin
Karakter boleh menjadi Unspeakable. Harus menjadi Pekerja Departemen Kementrian Sihir selama 3 tahun IRP.

Kepala Departemen Kementrian Sihir - 150 poin
Pekerja Kementrian Sihir (Ministry of Magic Employee) boleh menjadi kepala departemen. Minimal usia xx tahun (belum ditentukan).

Curse Breaker - 50 poin
Curse Breaker In Training boleh menjadi Curse Breaker. Harus menjadi In Training selama 3 tahun IRP.

Potioneer - 25 poin
Potioneer In Training boleh menjadi Potioneer. Harus menjadi In Training selama 3 tahun IRP.

Wandmaker - 75 poin
Wandmaker In Training boleh menjadi Wandmaker. Harus menjadi In Training selama 3 tahun IRP.

Magizoologist - 25 poin
Magizoologist In Training boleh menjadi Magizoologist. Harus menjadi In Training selama 3 tahun IRP.

Hitwizard - 150 poin
Karakter boleh menjadi Hitwizard.

Hakim - 100 poin
Karakter boleh menjadi hakim di dunia sihir.

Hippogriff Rider
Mengikuti sistem pelatihan yang diadakan di Larchspring Ranch.
Quote
Like
Share

Joined: November 28th, 2010, 9:49 am

November 7th, 2015, 9:12 am #5

[Inactive Wizards]
Karena banyaknya akun Wizards yang terhapus, Admin sendiri merasa bahwa tidak semua karakter Wizard masih cukup menyenangkan untuk dimainkan...maka akan diadakan satu grup khusus untuk akun Wizards yang tidak aktif.

Apa perbedaan akun ini dengan Wizards yang biasa? Di grup ini, visualisasi kalian tidak akan tercantum.

Lalu bedanya dengan Unregistered? Akun ini masih bisa melakukan RolePlay sewaktu-waktu dan tidak terikat oleh keaktifan, kalian juga masih diperbolehkan menggunakan avatar dan signature sebagai penghias.

Apa nama grupnya? Namanya adalah Inactive.

Adakah kerugian masuk ke grup Inactive alih-alih Unregistered? Ada. Kalau di grup Unregistered, kalian bisa mengejar poin sebanyak 150 untuk membuat karakter dewasa baru, tentu saja kalian diperbolehkan menghidupkan kembali karakter kalian (dan melakukan klaim atas visualisasi), namun tidak dengan Inactive, karena karakter kalian akan selamanya ada.

Ingat bahwa grup ini hanya bisa dimasuki oleh Wizards, jadi karakter murid yang terhapus tidak bisa dipindahkan ke grup ini.
Quote
Like
Share